Kompas.com - 22/11/2022, 18:02 WIB


KOMPAS.com - Bencana gempa bumi di Cianjur tak hanya menyebabkan kerusakan bangunan rumah hingga gedung, tetapi juga menelan ratusan korban jiwa. Belajar dari gempa Cianjur, apa saja langkah mitigasi gempa yang harus dilakukan?

Seperti diketahui, Indonesia adalah negara yang berada di kawasan cincin api Pasifik atau Ring of Fire, di mana sebagian besar wilayah negara ini adalah daerah rawan gempa bumi.

Gempa bumi di Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang berkekuatan M 5,6 dan telah menyebabkan kerusakan bangunan, longsor hingga menelan korban jiwa.

Sebagai wilayah yang sering mengalami gempa bumi, maka penting untuk memahami langkah antisipasi atau mitigasi bencana gempa bumi bagi setiap masyarakat.

Dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada beberapa langkah mitigasi gempa yang bisa dilakukan, berkaca dari bencana gempa Cianjur.

Baca juga: Gempa Bumi: Penyebab, Jenis, Karakteristik, hingga Dampaknya

Mitigasi saat terjadi gempa

1. Bersembunyi di bawah meja

Gempa Cianjur menyebabkan banyak korban tewas, hingga saat ini, jumlah korban juga terus bertambah, sebab banyak bangunan runtuh dan tak sedikit korban yang tertimbun reruntuhan.

Saat gempa bumi terjadi maka Anda dapat melindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja atau benda-benda yang bisa melindungi dari potensi bangunan runtuh.

Dilansir dari situs CDC, saat gempa terjadi juga dilarang untuk berdiri di depan ambang pintu. Berlindung di bawah meja adalah tempat yang aman.

Sebagian besar cedera dan kematian akibat gempa bumi disebabkan oleh jatuhnya benda-benda dan reruntuhan bangunan yang kemudian menimpa anggota tubuh.

Ratusan korban gempa Cianjur ditemukan dalam kondisi tertimbun atau tertimpa reruntuhan. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan mitigasi bencana gempa bumi yang bisa dilakukan untuk melindungi diri saat terjadi gempa.

Baca juga: Gempa Cianjur M 5,6 Terasa sampai Jakarta, Apa Penyebabnya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber BMKG,CDC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.