Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Brontosaurus merupakan dinosaurus herbivora yang hidup di darat. Lehernya yang panjang mungkin telah berevolusi untuk mencapai daun pada pohon yang sangat tinggi. 

Bukti pertama brontosaurus yang tercatat ditemukan pada tahun 1870-an di Amerika Serikat (AS).

Spesimen museum pertama brontosaurus berukuran 20,3 meter, dengan perkiraan berat awal antara 28,1 dan 34,5 ton. 

Habitat brontosaurus 

Para ilmuwan menggunakan lokasi fosil untuk menentukan di mana dan kapan dinosaurus hidup. Berdasarkan analisis batuan di sekitar fosil, ilmuwan dapat menentukan periode waktu. 

Baca juga: Apakah Brontosaurus Sama dengan Apatosaurus?

Lokasi penemuan dan apa yang ilmuwan ketahui tentang pergeseran Bumi selama periode prasejarah membantu mereka mengetahui lebih banyak tentang jenis lanskap dan habitat dinosaurus.

Dilansir dari AZ Animals, brontosaurus tinggal di Amerika Serikat bagian barat. 

Banyak spesimen ditemukan dalam formasi batuan besar, seperi Formasi Morrison, yang terbentang dari Montana hingga New Mexico.

Fosil brontosaurus yang ditemukan di sini menunjukkan bahwa dinosaurus hidup pada periode Jurasik akhir, sekitar 157-145 juta tahun yang lalu.

Fosil yang pasti milik Brontosaurus ditemukan di Wyoming, salah satu situs tempat yang disepakati para ilmuwan sebagai habitat brontosaurus jutaan tahun lalu.

Baca juga: Apa Makanan Brontosaurus?

Karena pola makan mereka, para peneliti percaya bahwa brontosaurus tinggal di padang rumput atau rawa-rawa yang memiliki banyak tumbuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com