Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Pruritus, Kondisi Kulit Gatal pada Lansia

Kompas.com - 11/11/2022, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pruritus adalah istilah medis yang berarti gatal. Ini mengacu pada munculnya sensasi gatal pada kulit, sehingga membuat Anda ingin menggaruknya.

Pruritus sering disebabkan oleh kulit kering. Ini umum terjadi pada orang lanjut usia (lansia), karena kulit mereka cenderung menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia.

Tergantung pada penyebab gatal, kulit Anda mungkin tampak normal, merah, atau kasar. Menggaruk berulang juga dapat menyebabkan area kulit yang tebal berdarah dan terinfeksi.

Baca juga: Apa Itu Pruritus, Kondisi Kulit yang Sering Dialami Lansia?

Kasus pruritus yang parah, bahkan bisa membuat Anda kesulitan menjalani aktivitas normal, karena kulit gatal yang sangat mengganggu.

Pruritus akan menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada kulit yang dapat membuat Anda sulit tidur.

Untuk mengatasi pruritus, Anda dapat mengoleskan krim atau losion pelembab ke kulit secara teratur sepanjang hari.

Waktu yang paling efektif untuk mengoleskan pelembap adalah setelah mandi, saat kulit dalam kondisi sedikit lembap, untuk mengunci kelembapannya.

Kapan pruritus bisa sembuh?

Tubuh setiap orang berbeda. Rasa gatal mungkin hilang dalam beberapa jam setelah perawatan, tapi juga mungkin bisa memakan waktu beberapa minggu.

Lamanya waktu bagi tubuh Anda untuk sembuh tergantung pada apa yang menyebabkan gejala pruritus.

Terkadang, pruritus bisa persisten (kronis) dan berlangsung selama lebih dari enam minggu atau bisa menjadi tanda dari kondisi yang mendasarinya.

Penting untuk tidak mengabaikannya dan segera berkonsultasi pada doketr kulit, untuk mendapatkan perawatan pruritus yang tepat sesuai kondisi, sehingga kualitas hidup tak terganggu.

Baca juga: 4 Penyebab Pruritus pada Lansia yang Tak Boleh Diabaikan

Ilustrasi kulit gatal. Pruritus, sensasi kulit gatal yang menyebalkan dan menyebabkan rasa ingin menggaruk. SHUTTERSTOCK/ORAWAN PATTARAWIMONCHAI Ilustrasi kulit gatal. Pruritus, sensasi kulit gatal yang menyebalkan dan menyebabkan rasa ingin menggaruk.

Cara Mencegah Pruritus

Untuk mencegah pruritus, pada dasarnya bisa diawali dengan perubahan gaya hidup. Misalnya rajin menggunakan pelembab setelah mandi. Saat mandi pun, jangan terlalu lama dan gunakan air yang tidak terlalu panas.

Selain itu, minum banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik dan menggunakan pelembab saat cuaca kering.

Gunakan sabun pembersih yang ringan dan hindari beberapa jenis bahan yang tidak cocok dengan kulit. Saat gatal, jangan digaruk dengan berlebihan, melainkan basuh dengan handuk dingin atau gunakan es.

Selalu menggunakan tabir surya saat pergi ke luar rumah dan mengenakan pakaian atau aksesori dengan pelindung UV

Yang tak kalah penting adalah mengelola setiap kondisi kronis yang dimiliki dan menghindari alergen yang bisa menyebabkan kulit gatal.

Baca juga: Gatal karena Kulit Kering, Apakah Pruritus Menular?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com