Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2022, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Strawberry kaya akan vitamin, serat, dan antioksidan tingkat tinggi yang dikenal sebagai polifenol. Buah cantik berwarna merah ini juga bebas sodium, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah kalori.

Strawberry termasuk di antara 20 buah teratas dalam kapasitas antioksidan dan merupakan sumber mangan dan potasium yang baik. Bahkan, strawberry mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Tak heran jika strawberry menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk manfaat anti-inflamasi untuk tubuh dan kulit.

Ya, bagi Anda yang ingin menjaga keremajaan kulit, penting untuk meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan segar, termasuk strawberry.

Baca juga: 5 Alasan Strawberry Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat strawberry untuk kesehatan kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas, strawberry mengandung vitamin C, versi stabil dan larut dalam air dari vitamin yang dikenal sebagai sodium ascorbyl phosphate (SAP) dan telah diketahui dapat mencerahkan kulit.

Selain dapat membantu mencerahkan kulit, vitamin C dikenal dengan kualitas anti-peradangannya, sehingga strawberry juga diyakini dapat membantu mengurangi beberapa peradangan yang terkait dengan jerawat.

Beberapa penelitian kecil telah menunjukkan efek sodium ascorbyl phosphate (SAP) yang menjanjikan pada kulit berjerawat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Baca juga: 5 Manfaat Stroberi, Salah Satunya Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi buah stroberi, strawberry.UNSPLASH/SOROUSH KARIMI Ilustrasi buah stroberi, strawberry.

Lantas mana yang lebih efektif, dimakan langsung atau dioles ke kulit?

Mengutip Healthline, Anda tidak harus memilih antara makan strawberry segar atau mengoleskan produk yang mengandung strawberry ke kulit untuk menuai manfaatnya, karena manfaat strawberry bisa didapatkan dengan melakukan keduanya.

Makan langsung buah strawberry berarti Anda mengonsumsi semua vitamin dan mineral sehat, yang membantu Anda melawan stres oksidatif dan peradangan.

Sementara, menggunakan produk topikal yang mengandung strawberry pada kulit, dapat membantu Anda melawan efek penuaan dan jerawat.

Namun, memang belum banyak bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa mengoleskan strawberry secara topikal akan secara drastis memperbaiki kulit.

Sebuah studi kecil tahun 2019 menemukan, manfaat anti-penuaan dari perawatan microneedle pada kulit yang menggunakan serum vitamin C yang mengandung strawberry, menunjukkan adanya peningkatan hidrasi dan elastisitas pada kulit.

Kemungkinan besar, perbaikan kondisi kulit disebabkan oleh microneedling dan serum vitamin C, yang keduanya memiliki manfaat yang terdokumentasi dengan baik untuk kulit.

Baca juga: Strawberry Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Ini Penjelasan Sains

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+