Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2022, 18:34 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Strawberry kaya akan vitamin, serat, dan antioksidan tingkat tinggi yang dikenal sebagai polifenol. Buah cantik berwarna merah ini juga bebas sodium, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah kalori.

Strawberry termasuk di antara 20 buah teratas dalam kapasitas antioksidan dan merupakan sumber mangan dan potasium yang baik. Bahkan, strawberry mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Tak heran jika strawberry menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk manfaat anti-inflamasi untuk tubuh dan kulit.

Ya, bagi Anda yang ingin menjaga keremajaan kulit, penting untuk meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan segar, termasuk strawberry.

Baca juga: 5 Alasan Strawberry Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat strawberry untuk kesehatan kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas, strawberry mengandung vitamin C, versi stabil dan larut dalam air dari vitamin yang dikenal sebagai sodium ascorbyl phosphate (SAP) dan telah diketahui dapat mencerahkan kulit.

Selain dapat membantu mencerahkan kulit, vitamin C dikenal dengan kualitas anti-peradangannya, sehingga strawberry juga diyakini dapat membantu mengurangi beberapa peradangan yang terkait dengan jerawat.

Beberapa penelitian kecil telah menunjukkan efek sodium ascorbyl phosphate (SAP) yang menjanjikan pada kulit berjerawat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Baca juga: 5 Manfaat Stroberi, Salah Satunya Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi buah stroberi, strawberry.UNSPLASH/SOROUSH KARIMI Ilustrasi buah stroberi, strawberry.

Lantas mana yang lebih efektif, dimakan langsung atau dioles ke kulit?

Mengutip Healthline, Anda tidak harus memilih antara makan strawberry segar atau mengoleskan produk yang mengandung strawberry ke kulit untuk menuai manfaatnya, karena manfaat strawberry bisa didapatkan dengan melakukan keduanya.

Makan langsung buah strawberry berarti Anda mengonsumsi semua vitamin dan mineral sehat, yang membantu Anda melawan stres oksidatif dan peradangan.

Sementara, menggunakan produk topikal yang mengandung strawberry pada kulit, dapat membantu Anda melawan efek penuaan dan jerawat.

Namun, memang belum banyak bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa mengoleskan strawberry secara topikal akan secara drastis memperbaiki kulit.

Sebuah studi kecil tahun 2019 menemukan, manfaat anti-penuaan dari perawatan microneedle pada kulit yang menggunakan serum vitamin C yang mengandung strawberry, menunjukkan adanya peningkatan hidrasi dan elastisitas pada kulit.

Kemungkinan besar, perbaikan kondisi kulit disebabkan oleh microneedling dan serum vitamin C, yang keduanya memiliki manfaat yang terdokumentasi dengan baik untuk kulit.

Baca juga: Strawberry Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Ini Penjelasan Sains

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com