Kompas.com - 08/11/2022, 12:00 WIB

Oleh: Femke Holwerda

SAAT dinosaurus punah, Spinosaurus adalah salah satu yang paling dikenal: predator dengan cakar tajam, rahang panjang penuh gigi, dan layar besar di punggungnya. Mereka hidup di dekat sungai dan berburu ikan pada 100 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang telah menjadi gurun; Kem Kem beds, sebuah formasi geologi di Afrika Utara.

Sama seperti Spinosaurus, kehidupan dari sebagian besar dinosaurus yang ditemukan menjadi fosil di daerah tersebut didukung oleh sungai di sekitarnya.

Sisa-sisa hewan dan ikan yang mirip buaya adalah fosil yang paling banyak ditemukan, terutama pada sedimen dari Maroko, Aljazair, dan Mesir. Ekosistem ini mendukung komunitas besar dinosaurus pemangsa yang memakan daging atau ikan, serta minoritas dari mereka merupakan pemakan tumbuhan.

Spinosaurus dan kerabat karnivoranya mendapat banyak perhatian ilmiah. Namun, sebagian dari komunitas ini yang memakan tumbuhan belum banyak disorot.

Saya baru saja menerbitkan makalah di Jurnal Ilmu Bumi Afrika yang mengumpulkan semua temuan dinosaurus pemakan tumbuhan (herbivora) dan berleher panjang, yang disebut sauropoda, dari periode Kapur Awal di Afrika Utara.