Fosil Tunjukkan Rupa Nenek Moyang Kadal 167 Juta Tahun yang Lalu

Kompas.com - 28/10/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Fosil reptil bernama Bellairsia gracilis menjadi salah satu petunjuk bagaimana rupa nenek moyang kadal paling awal yang hidup 167 juta tahun.

Fosil tersebut juga membantu peneliti untuk mempelajari bagaimana hewan tersebut berevolusi.

Fosil B. gracilis ditemukan di Isle of Skye di Skotlandia pada tahun 2016. Fosil yang berasal dari periode Jurrasic Tengah ini, memiliki panjang 6 sentimeter dan ditemukan dalam kondisi hampir lengkap dan hanya kehilangan moncong dan ekornya.

Ini menjadikannya fosil kadal paling lengkap dari masa Jurassic Tengah.

Baca juga: Trik Kadal Hadapi Serangan Semut Api, Seperti Apa?

Meski begitu B. gracilis sempat dikira sebagai spesies modern. Tetapi, berkat pemindaian resoluis tinggi fosil, Mateusz Talanda, peneliti dari University of Warsaw di Polandia bersama rekan-rekannya kemudian mengidentifikasi B. gracilis sebagai reptil yang jauh lebih primitif, yakni anggota awal kelompok squamata.

"Saya tahu dari awal, bahwa ini akan menjadi fosil penting, meskipun bukan spesies baru bagi sains," kata Talanda, seperti dikutip dari New Scientist, Kamis (27/10/2022).

Kelompok squamata sendiri merupakan kelompok hewan yang mencakup kadal dan ular, serta terdiri lebih dari 10.000 spesies saat ini.

Jumlah tersebut menjadikannya salah satu kelompok hewan vertebrata yang paling kaya spesies. Kelompok ini punya ciri memiliki fitur khusus tengkorak dan kerangkanya.