Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Ginjal pada Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak, Bagaimana Bisa Terjadi?

Kompas.com - 21/10/2022, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Pentingnya pemeriksaan gangguan ginjal akut sedini mungkin dapat mencegah terjadinya kemungkinan gagal ginjal. Terutama pada kasus gangguan ginjal misterius pada anak.

Angka kematian akibat gangguan ginjal akut misterius pada anak cukup tinggi. Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu merinci laporan angka kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak dari Januari hingga Oktober mencapai 206 kasus.

Sementara itu, angka kematian anak karena gangguan ginjal akut (Acute Kidney Injury) yang masih misterius penyebabnya mencapai 99 kasus atau sekitar 45 persen dari kasus yang dilaporkan.

Kematian akibat gangguan ginjal akut misterius pada anak ini banyak terjadi pada -anak yang masih berusia di bawah lima tahun atau balita. Penyebab kematian anak-anak tersebut adalah gangguan ginjal akut yang memasuki stadium 3 atau gagal ginjal.

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) menjelaskan bahwa gagal ginjal akut adalah Acute Kidney Injury (AKI) atau gangguan ginjal akut stadium 3.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut Misterius Banyak Dialami Anak Balita, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Kendati gagal ginjal pada anak akibat gangguan ginjal akut misterius ini dapat disembuhkan, namun dalam sejumlah kasus yang terjadi saat ini, banyak anak yang dilaporkan meninggal dunia.

Bagaimana gagal ginjal dapat terjadi?

Juru Bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menjelaskan bahwa ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh dan merupakan pusat dari metabolisme tubuh.

Apabila fungsi ginjal terganggu atau terjadi gangguan ginjal secara akut, maka dapat menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh, bahkan dapat mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

Gangguan ginjal akut bisa saja disembuhkan, namun apabila sampai membuat fungsi ginjal gagal bekerja dengan baik, maka hal itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius pada tubuh, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Apa itu gagal ginjal?

Dalam kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak, gagal ginjal adalah suatu kondisi yang mana ginjal tidak bisa lagi melakukan aktivitas sebagai alat metabolisme tubuh, yakni menyaring sampah-sampah yang masuk atau yang dihasilkan oleh tubuh, yang kemudian dikeluarkan menjadi urine atau keringat.

Baca juga: Apa Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com