Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliaran Kepiting Alaska Menghilang dari Perairan Laut Bering

Kompas.com - 19/10/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN


KOMPAS.com - Miliaran kepiting Alaska menghilang dari perairan Laut Bering di sekitar Alaska. Hal tersebut membuat panen krustasea itu, untuk pertama kalinya dibatalkan.

Dewan Perikanan Alaska dan Dewan Manajemen Perikanan Pasifik Utara mengumumkan pekan lalu bahwa populasi kepiting Alaska di perairan Laut Bering yang dingin dan berbahaya turun di bawah ambang batas peraturan untuk penangkapan dalam beberapa tahun terakhir.

Angka penurunan populasi kepiting Alaska itu tak main-main.

Menurut Benjamin Daly, peneliti di Alaska Departement of Fish and Game, seperti dikutip dari CNN, Selasa (18/10/2022) populasi menyusut dari sekitar 8 miliar pada 2018 menjadi hanya 1 miliar pada 2021.

"Kepiting Alaska sejauh ini merupakan yang paling melimpah dari semua spesies kepiting Laut Bering yang ditangkap secara komersial. Jadi saat jumlahnya menurun drastis itu membuat terkejut, apalagi penurunan terjadi tak terkecuali termasuk betina dan bayi-bayi kepiting," ungkap Daly.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Monster Kepiting Darat Ngobrol saat Kawin

Pejabat setempat menyebut turunnya populasi kepiting Alaska hingga miliaran ekor ini dikarenakan penangkapan yang berlebihan.

Menurut Mark Stichert, koordinator pengelolaan perikanan dan kerang di departemen perikanan setempat, masih ada lebih banyak kepiting Alaska yang ditangkap di lautan.

Ia juga menambahkan survei yang dilakukan pada tahun 2021 dan 2022, kepiting Alaska jantan menurun sekitar 40 persen. Dan ini angka yang menakutkan.

Namun pendapat lain datang dari Michael Litzow, direktur lab Kodiak untuk Perikanan NOAA.

"Bukan penangkapan yang berlebihan penyebabnya, itu sudah jelas," katanya.

Litzow mengatakan perubahan iklim yang disebabkan manusia adalah faktor penting yang menyebabkan hilangnya miliaran kepiting Alaska itu.

Baca juga: Kepiting Kelapa, Kekuatan Capitnya Setara Gigitan Hyena

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com