Kompas.com - 05/10/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Methylprednisolone atau metilprednisolon adalah obat kortikosteroid yang menyerupai hormon cortisol, hormon yang secara alami diproduksi oleh kelenjar adrenal.

Manfaat

Obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti artritis; kelainan darah, kulit, ginjal, mata dan tiroid; reaksi alergi berat; kanker tertentu; gangguan sistem imunitas; dan asma.

Cara kerjanya adalah menurunkan respons sistem imun tubuh terhadap beragam penyakit untuk mengurangi gejala seperti pembengkakan, rasa sakit dan reaksi alergi.

Cara minum

Methylprednisolone biasanya berbentuk tablet dan dapat digunakan secara oral atau diminum.

Baca juga: Apa Itu Kortikosteroid dan Mengapa Efektif Melawan Covid-19?

Jika Anda diresepkan methylprednisolone, minumlah sesuai anjuran dokter dan jangan meminum lebih banyak atau lebih sering dari yang diresepkan karena risiko efek samping akan meningkat.

Selain itu, jangan berhenti meminum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, menghentikan penggunaan obat ini secara tiba-tiba bisa menyebabkan berbagai gejala putus obat, seperti hilang nafsu makan, sakit perut, muntah, ngantuk, sakit kepala, demam, nyeri otot dan sendi, kulit mengelupas dan penurunan berat badan.

Jika Anda lupa meminum methylprednisolone yang sudah diresepkan, tanyakan kepada dokter apa yang harus Anda lakukan.

Biasanya, jika Anda diresepkan obat ini satu kali sehari dan terlewat, maka Anda harus segera meminumnya ketika ingat.

Namun, jika jarak waktunya terlalu dekat dengan jadwal minum obat berikutnya, lewati saja dan lanjutkan dengan jadwal minum obat yang biasanya agar dosis yang diminum tidak berlipat ganda.

Baca juga: Obat Avigan: Manfaat, Kontraindikasi, dan Efek Samping

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.