Kompas.com - 03/10/2022, 19:41 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan, bahwa ular hampir dapat menelan apa saja sebagai mangsanya, tak terkecuali mahluk yang berukuran sebesar rusa atau buaya.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti melakukan penelitian terhadap ular Piton Burma (Phyton molorus bivittatus).

Mengutip Science Alert, Senin (3/10/2022) sebuah studi baru merinci bagaimana ular Piton Burma telah mengembangkan fitur unik, yang memungkinkan rahang mereka meregang cukup lebar untuk menelan mangsa hingga enam kali lebih besar daripada yang bisa dimakan oleh beberapa ular berukuran sama.

Sebagai informasi, Piton Burma merupakan salah satu ular berukuran besar yang mampu tumbuh hingga sepanjang 5 meter.

Baca juga: Kenapa Ular Titanoboa Bisa Tumbuh Sangat Besar?

Terlepas dari kerakusannya, Piton Burma liar di habitat alaminya di Asia Tenggara, sebenarnya sangat rentan. Hal ini sebagian karena hilangnya habitat yang disebabkan oleh manusia.

Namun di Florida, tempat di mana mereka diperkenalkan di luar daerah asalnya, piton memusnahkan spesies asli dan merusak ekosistem dengan memakan hampir semua yang terlihat.

Dalam studi ini, Ian Bartoszek, ilmuwan lingkungan Conservancy of South Florida bersama rekan-rekannya pun kemudian meneliti lebih dekat ular piton, khususnya kemampuannya untuk memakan hampir semua mahluk yang ditemuinya.

Karena ular cenderung menelan mangsanya secara utuh, tanpa mengunyah terlebih dahulu, bukaan rahang menjadi faktor kunci dalam menentukan apa yang bisa mereka makan.

Tidak seperti rahang bawah manusia dan mamalia lainnya, tulang rahang bawah ular tidak menyatu tetapi hanya terhubung secara longgar dengan ligamen elastis. Hal tersebut memungkinkan mulut mereka terbuka lebih lebar.

Namun sementara rahang yang dapat diperluas mungkin merupakan standar untuk ular, ahli biologi evolusi University of Cincinnati Bruce Jayne menemukan, bahwa untuk membantu mulut mereka yang sudah besar terbuka lebih lebar lagi, piton rupanya mengembangkan fitur khusus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.