Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2022, 11:10 WIB
Nadia Faradiba,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah mencoba mandi dengan air dingin, bahkan menggunakan es? Ternyata mandi di air sedingin es sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di negara empat musim.

Mereka langsung menceburkan diri mereka ke danau setempat atau kolam renang pada musim dingin.

Walaupun kegiatan ini terdengar ekstrem, ternyata mandi air es memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah. Bagaimana sains menjelaskan kegiatan ekstrem ini?

Baca juga: Manfaat Mandi Malam Hari, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Mandi air es bermanfaat bagi kesehatan

Sebanyak 104 studi dilakukan oleh UiT The Arctic University of Norway. Penelitian ini meneliti berbagai bukti ilmiah mengenai manfaat berenang di air es dan penggunaannya sebagai terapi bagi sebagian pasien di University Hospital of North Norway.

Hasilnya menunjukkan, bahwa berenang atau berendam dalam air es menunjukkan efek yang signifikan, baik secara fisik maupun mental.

Salah satu yang paling menarik adalah kegiatan ini mampu menghancurkan lemak jahat pada tubuh pria, serta mempertahankan lemak baik dalam tubuh.

Kegiatan ini meningkatkan pembakaran kalori dan mampu mengurangi obesitas dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serta diabetes.

Tidak hanya itu, mandi dengan air es mampu meningkatkan sistem imun, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kesehatan jantung, serta kesehatan mental.

Para perenang juga mengalami penurunan kolesterol, lebih mudah sembuh dari trauma akibat kecelakaan olahraga, serta mengurangi rasa sakit.

Berendam di air es meningkatkan kesehatan jantung dengan dua cara, yaitu meningkatkan aliran darah dan meningkatkan detak jantung karena efek kejut yang dihasilkan suhu dingin tersebut. Efeknya disebut sama dengan olahraga jantung intensitas tinggi.

Berbagai penelitian dilakukan dengan berbagai jenis parameter. Di antaranya apakah perbedaan menggunakan air es untuk berendam, berenang, terapi, serta mandi seperti biasa memiliki efek yang berbeda atau sama manfaatnya.

Baca juga: Agar Sehat dan Bersih, Berapa Kali Harus Mandi dalam Sehari?

Pengalaman mandi air es

Dennis Thomas, ketua dari The Coney Island Polar Bear Club, telah melakukan berenang air es selama 35 tahun.

Dennis mengatakan, bahwa kegiatan ini lebih dari sekadar memacu adrenalin, namun juga menjaga tubuhnya tetap sehat.

Pada usianya yang sudah mencapai 67 tahun, ia masih memiliki fisik yang sangat kuat, mental yang tajam, serta jarang sekali terkena flu ketika musim dingin.

Dennis tidak pernah merasakan masalah kesehatan apapun yang orang lain alami ketika sedang musim dingin, walau usianya tidak lagi muda.

Halaman:
Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com