Kompas.com - 02/10/2022, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah mencoba mandi dengan air dingin, bahkan menggunakan es? Ternyata mandi di air sedingin es sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di negara empat musim.

Mereka langsung menceburkan diri mereka ke danau setempat atau kolam renang pada musim dingin.

Walaupun kegiatan ini terdengar ekstrem, ternyata mandi air es memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah. Bagaimana sains menjelaskan kegiatan ekstrem ini?

Baca juga: Manfaat Mandi Malam Hari, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Mandi air es bermanfaat bagi kesehatan

Sebanyak 104 studi dilakukan oleh UiT The Arctic University of Norway. Penelitian ini meneliti berbagai bukti ilmiah mengenai manfaat berenang di air es dan penggunaannya sebagai terapi bagi sebagian pasien di University Hospital of North Norway.

Hasilnya menunjukkan, bahwa berenang atau berendam dalam air es menunjukkan efek yang signifikan, baik secara fisik maupun mental.

Salah satu yang paling menarik adalah kegiatan ini mampu menghancurkan lemak jahat pada tubuh pria, serta mempertahankan lemak baik dalam tubuh.

Kegiatan ini meningkatkan pembakaran kalori dan mampu mengurangi obesitas dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serta diabetes.

Tidak hanya itu, mandi dengan air es mampu meningkatkan sistem imun, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kesehatan jantung, serta kesehatan mental.

Para perenang juga mengalami penurunan kolesterol, lebih mudah sembuh dari trauma akibat kecelakaan olahraga, serta mengurangi rasa sakit.

Berendam di air es meningkatkan kesehatan jantung dengan dua cara, yaitu meningkatkan aliran darah dan meningkatkan detak jantung karena efek kejut yang dihasilkan suhu dingin tersebut. Efeknya disebut sama dengan olahraga jantung intensitas tinggi.

Halaman:
Sumber WebMD


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.