Kompas.com - 02/10/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Ada lebih banyak ras anjing dibandingkan dengan kucing di dunia.

Federasi Anjing Dunia mengakui lebih dari 300 jenis anjing yang berbeda. Sementara itu, Asosiasi Pemelihara Kucing hanya mencatat adanya 42 ras.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Tom Gilbert, seorang profesor paleogenomik di University of Copenhagen, menyebut bahwa kemungkinan itu ada hubungannya dengan fungsi kedua hewan tersebut di masa lalu. Menurut dia, berdasarkan perspektif sejarah anjing jauh lebih berguna daripada kucing.

Mengutip Phys.org, Sabtu (1/10/2022); semua anjing dijinakkan dari serigala. Hewan tersebut merupakan hewan sosial yang hidup berkelompok dan bekerja sama. Mereka juga cenderung mendengarkan pemimpinnya yang disebut alfa. Peran itu dapat digantikan oleh manusia.

Baca juga: Anjing Bisa Mendeteksi Seseorang yang Alami Stres

"Semua karakteristik ini menunjukkan bahwa anjing dapat dilatih untuk melakukan banyak hal yang berguna bagi manusia, seperti menarik dan membawa barang, berburu, dan melindungi," terang Gilbert.

Di sisi lain, sebagian besar kucing adalah mahluk soliter yang cenderung memiliki hubungan ambivalen dengan manusia.

"Karena kucing tak berasal dari hewan yang sangat sosial, Anda tak bisa membuat kucing rumahan melakukan banyak hal. Jadi sementara anjing dibiakkan untuk melakukan tugas yang berbeda, kucing sebagian besar untuk penampilan. Hasilnya adalah lebih banyak ras anjing daripada ras kucing," ungkap Gilbert.

Untuk menyoroti betapa pentingnya kecenderungan sosialisasi ini, kita hanya perlu melihat kasus anak kucing liar.

Baca juga: Bolehkan Anjing Makan Timun? Simak Penjelasannya

Gilbert menjelaskan, jika seekor kucing yang melarikan diri dan menjadi liar, kemudian melahirkan anak kucing; anak-anak kucing itu hampir tak dapat dijinakkan jika tak melakukan kontak dengan manusia.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.