Kompas.com - 29/09/2022, 19:02 WIB


KOMPAS.com - Badak adalah salah satu dari sekian banyak spesies hewan herbivora yang berstatus terancam punah. Ada beberapa jenis badak di dunia, namun sebagian besar dari mereka populasinya semakin di ambang kepunahan.

Rhinoceros atau badak adalah hewan yang berasal dari keluarga Rhinocerotidae. Badak adalah spesies herbivora bertanduk raksasa yang hidup di Bumi ini, dan merupakan mamalia darat terbesar yang masih hidup, selain gajah Afrika dan Asia.

Dikutip dari World Wildlife (WWF), hewan badak pernah berkeliaran di banyak tempat di seluruh Eropa, Asia, dan Afrika, dan dikenal awal oleh orang Eropa dari ditemukannya lukisan gua yang menggambarkan hewan tersebut.

Pada awal abad ke-20, sedikitnya 500.000 badak hidup di Afrika dan Asia. Jumlah populasi badak di kedua benua ini pun terus menurun, sejak tahun 1970 hingga saat ini, hanya tersisa sekitar 27.000 badak yang berada di alam liar.

Badak menghadapi berbagai tantangan yang membuat mereka sulit bertahan hidup di luar taman nasional dan cagar alam. Sebab, maraknya perburuan yang terus-menerus menyebabkan sangat sedikit badak yang dapat bertahan.

Hilangnya habitat badak, juga semakin menambah masalah bagi hewan bercula ini. Tak hanya jenis badak di Afrika, ancaman kepunahan juga dihadapi jenis-jenis badak lainnya di dunia.

Baca juga: Badak Sumatera dan Badak Jawa, 2 Jenis Badak Indonesia yang Terancam Punah

Berikut ada lima jenis badak di dunia yang terancam punah, salah satu spesies badak Afrika dinyatakan telah punah, serta dua jenis badak di antaranya ada di Indonesia dan berstatus terancam punah.

1. Badak hitam jenis badak dari Afrika

Badak hitam dari Afrika adalah jenis badak yang sangat terancam punah. Upaya melindungi badak hitam dari perburuan dan hilangnya habitat mereka, banyak hal yang telah dilakukan.

WWF mengambil tiga negara utama habitat badak Afrika, yakni Namibia, Afrika Selatan dan Kenya. Bersama dengan negara-negara tersebut, sedikitnya telah menampung sekitar 87 persen dari total populasi badak hitam.

Badak hitam atau Diceros bicornis dikenal juga sebagai badak dengan bibir atas yang berbentuk segitiga. Badak hitam adalah hewan darat besar yang pernah berkeliaran di hampir seluruh sub-Sahara Afrika dan kini, badak hitam berstatus sangat terancam punah.

Dikutip dari AZ Animals, badak hitam barat (Diceros bicornis longipes) merupakan spesies badak yang punah dari Benua Afrika. Kamerun adalah rumah bagi badak hitam barat yang terakhir diketahui.

Para peneliti telah menggunakan berbagai metode, seperti merekam penampakan badak hitam barat, bukti kotoran hingga indikasi pemberian makan, sebagai upaya untuk menentukan apakah spesies tersebut telah punah atau belum.

Namun, daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah menyatakan bahwa jenis badak hitam barat telah dianggap punah pada tahun 2011.

Baca juga: Selamatkan Badak Putih dari Kepunahan, Ini yang Dilakukan Ilmuwan

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.