Kompas.com - 27/09/2022, 20:06 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari.

Dengan perawatan yang tepat, ikan koi dapat tumbuh cukup besar bahkan bisa hidup hingga 30 tahun.

Umur ikan koi yang panjang ini tetap berawal dari telur kecil yang berkembang hingga dewasa.

Cara berkembang biak 

Dilansir dari AZ Animals, perkawinan ikan koi dimulai saat jantan mengikuti betina di sekitar kolam. Ikan koi berkembang biak dengan cara bertelur, sebagaimana ikan-ikan lainnya.

Ketika jantan berhasil menangkap betina, ia akan menyenggolnya dan menyebabkan betina melepaskan telur yang jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Baca juga: 4 Tips Memelihara Ikan Koi di Kolam

Kemudian, jantan membuahi telur-telur tersebut. Telur biasanya tenggelam ke dasar kolam, tetapi mereka akan menempel pada apa pun yang mereka tempati.

Sayangnya, sekitar seperlima dari telur ikan koi betina mati bahkan sebelum dibuahi. 

Yang beruntung akan menetas setelah empat atau lima hari, tetapi sekitar seperlima dari bayi ikan mati bahkan sebelum mereka panjangnya satu inci. 

Beberapa di antaranya bahkan dimakan oleh ikan dewasa. Biasanya, pada titik ini, peternak mulai memisahkan ikan-ikan baru dan hanya menyimpan yang terlihat menjanjikan. 

Baca juga: Ciri-ciri Fisik Ikan Koi yang Khas

Ikan koi memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan mungkin siap untuk berkembang biak sendiri ketika berumur tiga sampai lima tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.