Kompas.com - 24/09/2022, 22:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Tyrannosaurus rex dianggap sebagai salah satu hewan paling menakutkan yang pernah menghuni Bumi.

Tubuh berotot T. rex membentang sepanjang 12 meter, dari moncongnya hingga ujung ekornya, dengan berat hampir 8 ton. 

T. rex kemungkinan besar memangsa hewan hidup, terkadang saling memakan, atau mengais-ngais bangkai dinosaurus lain.

T. rex memiliki sepasang lengan kecil 

Dinosaurus ini memiliki lengan kecil dan fungsi anggota badan kecil ini masih menjadi perdebatan di antara para ilmuwan.

Dilansir dari National Geographic, beberapa ilmuwan percaya bahwa lengan T. rex yang kecil adalah sisa evolusi atau untuk tujuan non-predator seperti membantunya mencengkeram pasangannya. 

Baca juga: Apakah Semua Dinosaurus Bertelur?

Yang lain berpendapat bahwa lengan T. rex mungkin telah diadaptasi untuk "tebasan ganas" dari jarak dekat, mengingat kemampuan mereka untuk menimbulkan luka dalam dengan cakar yang besar.

Sementara itu, menurut Steven Stanley, ahli paleontologi di University of Hawaii, lengan T. rex digunakan untuk memotong mangsanya.

Dilansir dari History.com, lengan kecil T. rex memiliki cakar melengkung berbentuk bulan sabit yang dapat digunakan untuk melukai mangsa.

Dan panjang lengan yang pendek sebenarnya lebih bermanfaat untuk menebas, mengingat ukuran kepala T. rex.

Di masa lalu, lengan T. rex diyakini tidak lebih dari sisa-sisa setelah bertahun-tahun predator berevolusi, seperti sayap pada burung yang tidak bisa terbang. 

Baca juga: Kenapa Dinosaurus Berukuran Sangat Besar?

Tetapi, beberapa faktor membuat Stanley menyimpulkan bahwa lengan kecil T. rex mungkin berguna bagi predator tersebut untuk bertahan hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.