Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Makan Apel Bisa Menurunkan Kolesterol?

Kompas.com - 24/09/2022, 17:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Buah apel kaya akan nutrisi yang sehat, seperti vitamin dan mineral.

Nutrisi yang ditemukan dalam apel telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit tertentu. 

Lantas, benarkah mengonsumsi apel juga dapat menurunkan kolesterol tinggi?

Manfaat apel untuk kolesterol 

Dilansir dari Verywell Health, ada penelitian terbatas yang meneliti kaitan antara buah apel dan kolesterol. 

Sebagian besar penelitian tidak meneliti efek dari buah apel utuh, tetapi juga meneliti makanan yang dilengkapi dengan komponen sehat dalam apel, seperti pektin, polifenol, pitosterol, serat larut, atau kombinasi dari semua komponen tersebut. 

Baca juga: Buah Apel Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan, Ini Penjelasan Sains

Sayangnya, kebanyakan penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang tinggi kolesterol dan hanya sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia.

Studi yang melibatkan tikus telah menemukan bahwa jumlah serat (baik serat tidak larut dan pektin) yang ditemukan di dua apel berukuran sedang (masing-masing sekitar 6 ons) mampu menurunkan kolesterol total hingga 10 persen dan meningkatkan kolesterol baik sekitar 10 persen.

Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi dua hingga tiga buah apel berukuran sedang dapat menurunkan kadar kolesterol total antara 5 hingga 13 persen, kadar kolesterol jahat diturunkan setidaknya 7 persen, dan kadar kolesterol baik meningkat hingga 12 persen. 

Studi menemukan bahwa bahan dalam apel yang paling mungkin berkontribusi pada perbaikan kadar kolesterol adalah pektin dan polifenol.

Baca juga: 3 Efek Samping Makan Buah Apel Terlalu Banyak

Beberapa penelitian menyatakan, polifenol yang terkandung dalam apel juga dapat menurunkan oksidasi kolesterol jahat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan aterosklerosis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com