Kompas.com - 22/09/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Hari Badak Sedunia 2022, Kamis (22/9/2022), menjadi momentum penting dalam mengkampanyekan dan menyadarkan masyarakat akan spesies yang paling terancam punah di dunia. Badak Sumatera dan Badak Jawa adalah dua spesies badak dari Indonesia yang tak luput dari ancaman kepunahan.

Peringatan Hari Badak Sedunia ini, bertujuan mengajak masyarakat untuk turut berperan dalam tindakan konservasi badak di dunia yang kini statusnya dalam kondisi terancam punah.

Ada lima spesies atau jenis badak di dunia. Di antaranya badak hitam dan badak putih dari Afrika, badak India, serta badak Sumatera dan badak Jawa dari Indonesia.

Daftar Merah yang dikeluarkan International Union for Conservation of Nature (IUCN) mencantumkan bahwa kondisi status konservasi badak Sumatera dan badak Jawa termasuk dalam kondisi kritis (critically endangered).

Saat ini, kedua spesies badak Indonesia ini pun terus menjadi perhatian bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait agar konservasi dan keberadaan kedua jenis badak asal Indonesia ini dapat terlindungi dari ancaman kepunahan.

Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui pentingnya melestarikan keanekaragaman hati Indonesia.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Perlu Menjaga Populasi Badak Sumatera Asli Indonesia

Menurut Direktur Komunikasi dan kemitraan Yayasan KEHATI Rika Anggraini dalam siaran pers Hari Badak Sedunia, salah satu upaya untuk menyadarkan peran masyarakat terhadap perlindungan spesies badak Indonesia, badak Sumatera dan badak Jawa, ini adalah dengan kegiatan edukasi.

"Tak hanya memberikan dampak ekologi, badak juga memberikan manfaat pada kehidupan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung," kata Rika.

Lebih lanjut Rika menjelaskan bahwa badak adalah simbol kebanggan bangsa Indonesia yang harus dijaga kelestariannya.

Fakta badak Sumatera dan badak Jawa

Dicerorhinus sumatrensis atau badak Sumatera dan Rhinoceros sondaicus yakni badak Jawa adalah dua spesies badak asal Indonesia.

Berikut beberapa fakta menarik tentang badak Sumatera dan badak Jawa, dari ciri fisik, habitat hingga populasi badak di Indonesia.

1. Perbedaan fisik badak Sumatera dan badak Jawa

Kedua jenis badak Indonesia, badak Sumatera dan badak Jawa, ini memiliki beberapa fakta dan perbedaan yang menarik, dari ciri fisik, habitat hingga populasinya.

Baca juga: Bayi Badak Sumatera Lahir, Kenapa Masa Kehamilan Badak Bisa Sangat Lama?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.