Kompas.com - 12/09/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Dejavu adalah perasaan pernah mengalami situasi yang benar-benar identik di masa lalu, yang tidak jelas kapan.

Saat sensasi dejavu muncul, perasaan bahwa Anda pernah melakukan hal yang sama persis sebelumnya — berada di tempat yang sama, terlibat dalam percakapan yang sama – akan menguasai Anda.

Pada saat yang sama, Anda jelas menyadari bahwa ini tidak nyata, karena Anda yakin belum pernah berada di tempat ini atau bertemu orang-orang ini, kapan pun di masa lalu Anda.

Baca juga: Apa Itu Dejavu dan Siapa Saja yang Mengalaminya?

Apakah dejavu tanda penyakit berbahaya?

Enam puluh hingga 70 persen orang sehat pernah mengalami dejavu. Paling sering terjadi antara usia 15 hingga 25 tahun, dan menurun secara progresif seiring bertambahnya usia.

Orang-orang yang memiliki pendidikan lebih tinggi, sering bepergian, adn yang sering mengingat mimpi mereka biasanya lebih rentan mengalami dejavu.

Orang-orang yang mengalami kelelahan atau stres juga cenderung lebih sering mengalami dejavu. Mungkin ini berkaitan dengan memori otak.

Selain itu, dejavu lebih sering terjadi pada malam hari dan akhir pekan.

Memori otak dan kaitannya dengan dejavu

Dr Roderick C. Spears, seorang dokter di Penn Neurology Valley Forge menjelaskan, bahwa memori disimpan di bagian otak yang disebut lobus temporal.

Ingatan, peristiwa, dan fakta jangka panjang semuanya dikumpulkan ke area otak itu. Bagian tertentu dari lobus temporal juga berperan dalam mengenali sesuatu yang familiar.

Dan meskipun belum sepenuhnya terbukti bahwa dejavu terhubung ke lobus temporal, karena kurangnya data dari penelitian — ada beberapa petunjuk yang mengarahkan para ilmuwan untuk membuat hubungan ini.

Dejavu.Pixabay/Marlonfn Dejavu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.