Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2022, 20:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Sama seperti hewan lainnya, iguana juga akan kawin untuk berkembang biak di waktu tertentu. Biasanya mereka akan menunjukkan beberapa tanda saat memasuki musim kawin.

Tanda iguana siap kawin

Umumnya, saat waktu berkembang biak iguana tiba, perilaku iguana akan berubah. Pada iguana jantan, mereka akan menjadi lebih aktif, sering menggelengkan kepala hingga melakukan push up.

Beberapa iguana hijau jantan bahkan dapat mengubah warna kulit mereka menjadi oranye terang atau kekuningan.

Baca juga: Ciri-ciri Iguana dan Jenisnya

Tanda iguana siap kawin lainnya adalah peningkatan agresivitas dan tak suka dipegang. Bukan hanya kepada manusia, iguana juga bisa menjadi sangat agresif terhadap iguana lain, dan hal ini sangat normal.

Iguana jantan menjadi agresif terhadap jantan lain dan iguana betina, karena mereka ingin menampilkan diri sebagai pemimpin dan tokoh dominan di wilayah mereka.

Selain itu juga, di masa ini kadar testosteron iguana sedang dalam level lebih tinggi.

Usia iguana siap kawin

Iguana mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 2-3 tahun, sehingga sebagian besar iguana di penangkaran akan mencapai usia kawin pada usia 2-3 tahun.

Baca juga: Apakah Iguana Berbahaya?

Cara iguana berkembang biak

Iguana jantan akan bersikap dominan dan menjadi sangat agresif untuk kawin. Tapi di alam liar, hanya sedikit iguana jantan yang dapat memenangkan betina untuk kawin.

Ini karena iguana betina yang akan memilih pasangannya dan mereka akan kawin setelah tinggal bersama selama beberapa minggu.

Jika Anda memelihara iguana, ada baiknya mengenalkan iguana betina lebih dulu sebelum mengawinkannya.

Jika Anda memelihara iguana betina dan iguana jantan, serta membuat mereka terbiasa bersama, mereka akan cenderung lebih mudah untuk kawin dan berkembang biak.

Namun hati-hati, iguana jantan bisa menjadi sangat agresif saat kawin dan bisa melukai betina saat memegang lehernya. Jika iguana jantan tampak sangat agresif, pisahkan keduanya sebelum melukai betina.

Jika Anda tak berencana untuk membiakkan iguana dan tak suka dengan tingkah agresif iguana selama musim kawin, sterilisasi bisa menjadi solusi.

Anda bisa mengebiri iguana sebelum mereka mencapai usia kematangan seksual dan pubertas. Konsultasikan dengan dokter hewan terkait hal ini.

Baca juga: Iguana Makan Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com