Kompas.com - 10/09/2022, 12:03 WIB


KOMPAS.com - Mungkin Indonesia tidak memiliki musim semi seperti kebanyakan terjadi di negara dengan empat musim. Musim semi merupakan musim yang biasanya ditandai dengan bermekarannya bunga.

Negara-negara seperti Jepang dan Korea, adalah dua negara empat musim dengan keindahan musim semi yang selalu menarik minat para wisatawan dari seluruh penjuru negeri.

Sebab, saat musim semi tiba, bunga Sakura di kedua negara ini mekar dengan cantik.

Tapi, apa itu musim semi?

Musim semi adalah musim saat alam seakan hidup kembali setelah bulan-bulan musim dingin.

Tanda-tanda musim semi atau selama musim ini, tanaman yang tidak aktif mulai kembali tumbuh, bibit baru tumbuh dari tanah dan hewan-hewan yang berhibernasi selama musim dingin mulai bangun dari tidur panjangnya.

Baca juga: Dari Musim Dingin, Musim Panas hingga Musim Semi, Kenapa Bumi Punya Banyak Musim?

Penyebab terjadinya musim semi

Musim semi terjadi karena adanya pergerakan Bumi mengelilingi Matahari. Musim ini terjadi saat sudut kemiringan Bumi berada ke arah Matahari, dikutip dari Live Science edisi 9 Maret 2022.

Secara astronomis, terjadinya musim semi terjadi bergantung pada ekuinoks (equinox) dan soltis (fenomena titik balik Matahari).

Ekuinoks atau equinox adalah saat siang dan malam di hari-hari sepanjang tahun hampir sama.

 

Terdapat dua ekuinoks dalam setiap tahunnya, yakni satu periode ekuinoks di musim semi dan satu periode ekuinoks di musim gugur.

Terjadinya spring season atau musim semi di Belahan Bumi Selatan umumnya terjadi pada periode ekuinoks terjadi pada sekitar tanggal 20 Maret di Belahan Bumi Selatan.

Baca juga: Ada Berapa Musim di Dunia?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.