Kompas.com - 10/09/2022, 10:02 WIB


KOMPAS.com- Teleskop surya terkuat di dunia berhasil menangkap gambar detail pertama kromosfer matahari. Ini adalah wilayah paling misterius di Matahari yang hingga kini masih terus dipelajari.

Kromosfer adalah lapisan atmosfer tepat di atas permukaan matahari.

Teleskop surya, teleskop yang bertugas mengamati matahari, bernama Daniel K. Inouye Solar Telescope (DKIST) yang berlokasi di Hawaii ini menangkap gambar kromosfer matahari pada 3 Juni lalu.

Dalam gambar kromosfer, wilayah misterius Matahari yang baru dirilis itu, teleskop menunjukkan area seluas sekitar 82.000 kilometer.

Teleskop DKIST sendiri saat ini tengah berada dalam masa transisi satu tahun antara konstruksi dan operasi sains reguler di mana perangkat itu mengumpulkan pengamatan terpilih dari matahari di tengah pekerjaan instrumen dan persiapan akhir lainnya.

Seperti dikutip dari Space, Jumat (9/9/2022) kromosfer biasanya sulit dilihat karena cahaya dari fotosfer melebihinya.

Baca juga: Fenomena Matahari di Atas Kabah, Cara dan Waktu Terbaik Mengukur Arah Kiblat

 

Hal tersebut membuat wilayah kromosfer Matahari yang misterius ini hanya dapat dilihat sebagai cincin merah terang di sekitar matahari pada saat gerhana matahari total.

Tetapi teleskop DKIST telah memberikan wawasan baru mengenai itu dan berhasil menangkap wilayah yang jarang terekspose tersebut.

Teleskop DKIST sendiri bertujuan untuk merevolusi fisika matahari termasuk pemahaman para ilmuwan tentang medan magnet matahari.

Salah satu yang menjadi kunci studi adalah mengenai cuaca luar angkasa, ledakan dari matahari yang mencakup semburan matahari yang terang dan lontaran massa korona (CME) yang menembakkan gumpalan material ke luar angkasa.

Halaman:
Sumber Space


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.