Kompas.com - 09/09/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Peneliti Polandia menemukan hal menarik saat mereka melakukan penggalian di sebuah pemakaman di Eropa.

Mereka menemukan sisa-sisa kerangka 'vampir' wanita.

Dikutip dari Phys, Jumat (9/9/2022) tim Institute of Archaeology dari the Nicolaus Copernicus University, Torun menemukan sebuah makam pada akhir Agustus lalu.

Baca juga: 5 Fakta Bawang Putih, Termasuk Kaitannya sebagai Pengusir Vampir

Tak disangka, makam yang berasal dari abad ke-17 itu berisi kerangka seorang wanita muda.

Tetapi kerangka wanita itu ditemukan dalam posisi penguburan yang cukup aneh. Sebuah sabit ditempatkan di lehernya dan sebuah gembok ditempatkan pula di jempol kaki kirinya.

"Dapat diasumsikan bahwa untuk beberapa alasan orang menguburnya seperti itu karena takut ia akan bangkit dari kubur. Mungkin mereka takut dia vampir," tulis peneliti.

Ditulis di Science Alert, sisa-sisa kerangka wanita juga ditemukan mengenakan topi sutra dengan gigi depan yang menonjol.

"Sabit tidak diletakkan rata tetapi diletakkan di leher sedemikan rupa, sehingga jika orang yang meninggal mencoba untuk bangun, kepalanya akan terpenggal atau terluka," ungkap Profesor Dariusz Polinski yang memimpin penggalian ini.

Pada abad ke-11, orang Eropa Timur disebut ketakutan dengan vampir dan mulai memperlakukan orang meninggal dengan ritual anti-vampir.

Mereka percaya, beberapa orang yang meninggal akan mencakar mencari jalan keluar dari kubur sebagai monster penghisap darah peneror yang hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.