Kompas.com - 09/09/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan gelombang panas yang intens, serta kebakaran hutan karena perubahan iklim, diperkirakan akan memperburuk kualitas udara yang kita hirup.

Hal tersebut dapat membahayakan kesehatan dan ekosistem.

Peringatan yang dikeluarkan berdasarkan laporan baru dari Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB itu juga menyebut, bahwa interaksi antara polusi dan perubahan iklim akan berdampak pada ratusan orang selama satu abad mendatang.

Baca juga: 10 Penyebab Polusi Udara

 Organisasi ini pun mendesak adanya tindakan untuk mengendalikan bahaya tersebut.

Dikutip dari Phys, Kamis (8/9/2022) Laporan tahunan Air Quality and Climate Bulletin WMO ini memeriksa dampak kebakaran hutan besar di Siberia dan Amerika Utara bagian barat pada tahun 2021.

Mereka menemukan, bahwa kebakaran menghasilkan peningkatan bahaya kesehatan yang meluas dengan konsentrasi di Siberia timur mencapai 'tingkat yang belum pernah diamati sebelumnya.'

Seperti yang kita tahu, partikel kecil dengan diamater kurang dari 2,5 mikrometer (PM2.5) dianggap sangat berbahaya, karena dapat menembus jauh ke dalam paru-paru atau sistem kardiovaskular.

Baca juga: Dampak Polusi Udara bagi Anak-Anak

 "Saat dunia memanas, kebakaran hutan dan polusi udara diperkirakan akan meningkat, bahkan di bawah skenario emisi rendah," kata kepala WMO Petteri Taalas dalam sebuah pernyataan.

"Selain dampak kesehatan manusia, ini juga akan memengaruhi ekosistem karena polutan udara mengendap dari atmosfer ke permukaan Bumi," paparnya lagi.

WMO mengatakan, beberapa wilayah seperti Amerika Utara bagian barat, Amazon, dan Australia mengalami lebih banyak kebakaran.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.