[POPULER SAINS] Astronot China Menanam Padi di Luar Angkasa | Apa Itu Nebula | Katak Racun Emas | Efek Samping Makan Labu Siam

Kompas.com - 09/09/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Para astronot China dilaporkan berhasil menanam padi di luar angkasa. Kabar unik ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (8/9/2022).

Padi adalah salah satu tanaman pangan pokok di dunia yang secara teratur dikonsumsi oleh lebih dari setengah populasi Bumi.

Kali ini, di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, para astronot China mengumumkan keberhasilan mereka menumbuhkan padi yang dibawa dari Bumi sebagai salah satu eksperimen ilmiah di luar angkasa.

Fenomena nebula adalah peristiwa menarik yang terjadi di tengah gelapnya alam semesta yang tertangkap oleh teleskop luar angkasa.

Apa itu nebula menjadi salah satu berita populer Sain sepanjang Kamis (8/9/2022).

Salah satu spesies katak paling beracun di dunia adalah dari jenis katak racun emas.

Kendati tak tampak berbahaya, tetapi faktanya semua spesies katak tak boleh sembarangan disentuh, karena di antara mereka dapat mengeluarkan zat beracun dari kulitnya.

Labu siam adalah salah satu jenis buah sayur yang mengandung beragam nutrisi. Di antaranya kaya karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B9 hingga vitamin K, vitamin B6 dan mangan.

Meski memiliki banyak kandungan mineral sehat, namun apakah ada efek samping makan labu siam?

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (8/9/2022) hingga Jumat (9/9/2022).

Astronot China menanam padi di luar angkasa

Jika menanam padi di sawah adalah hal yang sangat umum, namun menumbuhkan tanaman pangan yang dikonsumsi hampir seluruh penduduk planet Bumi di luar angkasa, tentu adalah hal yang luar biasa.

Baru-baru ini, para astronot China mengumumkan bahwa mereka berhasil menanam padi di luar angkasa, saat melakukan serangkaian eksperimen di laboratorium luar angkasa Wentian milik China di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Dalam misi luar angkasa mereka, ada delapan percobaan yang akan dilakukan di gaya berat mikro, termasuk eksperimen menanam padi yang dilakukan di laboratorium tersebut.

Pada percobaan tersebut, batang padi yang ada di laboratorium Wentian memang belum menyelesaikan seluruh siklus pematangannya sejak percobaan itu dimulai pada Juli lalu.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.