[POPULER SAINS] Obat Apa Itu Aspirin | Gorila Gunung Afrika Terancam Punah | Daur Hidup Nyamuk | Apa Hewan Bermimpi

Kompas.com - 08/09/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Obat apa itu aspirin, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (7/9/2022). Sakit kepala, nyeri atau demam ringan, biasanya dapat diatasi dengan obat-obatan yang mudah diperoleh tanpa resep dokter.

Salah satunya obat aspirin. Jenis obat anti-inflamasi ini biasa digunakan untuk mengatasi berbagai sakit ringan.

Ada dua spesies gorila Afrika, salah satunya, gorila gunung adalah spesies primata yang terancam punah. Gorila gunung adalah primata terbesar di dunia. Gorila ini hidup berkelompok di hutan-hutan di pegunungan gunung berapi di Afrika.

Berita populer Sains lainnya yakni tentang daur hidup nyamuk. Nyamuk adalah serangga yang paling banyak ditemui, terutama di Indonesia.

Nyamuk merupakan hewan paling mematikan di dunia, yang selalu menjadi perantara penularan penyakit seperti demam berdarah hingga zika. Penting memahami daur hidup nyamuk untuk melindungi diri dari serangga ini.

Hewan yang tidur, apakah mereka bermimpi seperti manusia? Artikel ini menjadi salah satu berita populer Sains. Sebab, mungkin di antara Anda pernah melihat hewan-hewan yang tidur sambil sesekali bergerak seperti sedang bermimpi.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (7/9/2022) hingga Kamis (8/9/2022).

Obat apa itu aspirin?

Aspirin adalah jenis obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter untuk mengatasi berbagai nyeri ringan hingga sakit kepala. Namun, terkadang obat ini juga digunakan sebagai pengencer darah.

Apabila aspirin diminum setiap hari, maka obat ini dapat menurunkan risiko kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke pada orang yang berisiko tinggi mengalaminya.

Apa itu aspirin?

Aspirin adalah obat anti-inflamasi atau anti peradangan nonsteroid (NSAID). Merupakan jenis obat pertama yang ditemukan untuk kelas obat anti peradangan.

Kandungan pada obat aspirin yang utama adalah salisilat, yaitu senyawa yang biasanya ditemukan pada tanaman, seperti kulit pohon willow dan myrtle.

Aspirin merupakan obat yang telah ditemukan sejak lama, bahkan kandungan dalam obat ini yang ada pada pohon willow telah digunakan sejak ribuan tahun lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.