Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Gorila, Primata Terbesar di Dunia dari Afrika

Kompas.com - 05/09/2022, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Gorila merupakan spesies kera besar, bahkan yang terbesar di dunia yang berasal dari Afrika. Fakta-fakta gorila ini dapat memberikan kita pengetahuan tentang hewan yang dijadikan karakter dalam film King Kong ini.

Gorila adalah hewan yang hidup berkelompok, dan umumnya terbagi menjadi dua kelompok, yakni gorila gunung dan gorila dataran rendah yang hidup di kawasan hutan belantara di Afrika bagian tengah dan barat.

Berikut ini fakta-fakta gorila yang menarik untuk disimak, seperti dikutip dari Live Science, edisi 1 Oktober 2014.

1. Fakta jenis gorila Afrika

Fakta pertama kera besar penghuni hutan rimba dan pegunungan di Afrika ini merupakan hewan yang hidup berkelompok. Habitat gorila yang ditinggali gorila pun membagi spesies primata ini menjadi dua subspesies.

Gorila yang hidup di pegunungan atau dataran tinggi Afrika, dikenal sebagai gorila gunung. Sedangkan gorila yang hidup di hutan-hutan belantara Afrika, disebut gorila dataran rendah.

2. Fakta perbedaan gorila gunung dan gorila dataran rendah

Kendati spesies yang sama, namun fakta gorila secara fisik dan ukuran tubuhnya terdapat perbedaan. Gorila gunung memiliki rambut atau bulu yang cenderung lebih panjang. Sedangkan gorila dataran rendah, memiliki bulu yang cenderung pendek dan lembut.

Baca juga: Mengapa Gorila Jantan Suka Memukul Dadanya?

Selain itu, fakta gorila lainnya terkair ukuran kedua subspesies primata tersebut yang memiliki perbedaan. Tinggi gorila dataran rendah Afrika berkisar antara 1,2-1,8 Meter dengan berat sekitar 68-181 Kg.

Sedangkan gorila gunung, tingginya tak jauh berbeda dengan gorila dataran rendah. Namun, berat badan gorila gunung dapat mencapai 135 Kg hingga 220 Kg.

World Wildlife Federation (WWF) mencatat bahwa gorila adalah primata atau kera terbesar di dunia.

3. Fakta habitat gorila Afrika

Fakta lain tentang gorila adalah habitatnya. Gorila gunung adalah di pegunungan vulkanis yang hijau. Umumnya, gorila gunung ini berasal dari Rwanda, Uganda dan Republik Demokratik Kongo.

Sedangkan gorila dataran rendah, habitat mereka biasanya di hutan-hutan Afrika tengah dan barat di Equatorial Guinea, Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Kongo, Gabon, dan Republik Demokratik Kongo.

Fakta gorila Afrika lainnya menurut National Geographic, satu kelompok gorila dapat menguasai wilayah hingga 41 Km persegi.

Baca juga: Apakah Gorila Termasuk Kera?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com