Kompas.com - 05/09/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Manusia memiliki beberapa organ yang berpasangan, seperti tangan, kaki, telinga, mata, hingga lubang hidung.

Mata berpasangan untuk memberi kita penglihatan yang memungkinkan melihat objek secara mendalam.

Sementara dua telinga memberi kita pendengaran yang membantu mendeteksi arah datangnya suara. Begitu pula dengan dua lubang hidung yang manusia miliki, tentunya memiliki fungsi maupun tujuan.

Baca juga: Benarkah Manusia Benapas Hanya dari Satu Lubang Hidung?

Lantas, kenapa manusia mempunyai dua lubang hidung dan apa saja kegunaannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, misteri tubuh manusia membahas lebih dalam mengenai dua lubang hidung yang kita punya.

Melansir Science Senin (29/8/2022), ahli saraf telah menemukan bukti bahwa dua lubang hidung dapat memperluas jangkauan aroma, yang bisa Anda cium.

Hal itu diungkapkan Noam Sobel, seorang ahli saraf di Stanford University, yang telah mempelajari topik ini selama 4 tahun.

Dia menjelaskan, di suatu pagi seorang rekannya berkata bahwa laju aliran yang bervariasi mungkin berarti lubang hidung mendeteksi bahan kimia yang berbeda.

Lantaran dirinya ragu akan gagasan tersebut, Sobel melakukan percobaan dengan meminta 20 orang dewasa yang sehat untuk mengendus campuran oktan dan carvone melalui satu lubang hidung pada satu waktu.

Kendati para sukarelawan tidak mengetahuinya, mereka selalu menghirup campuran yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.