Kompas.com - 04/09/2022, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Studi terbaru mengungkapkan, setidaknya ada dua gejala long Covid-19 yang paling banyak dialami pasien. Gejala itu adalah rambut rontok dan disfungsi ereksi.

Untuk diketahui, long Covid-19 adalah gejala sakit berkepanjangan yang diderita pasien meski sudah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

Melansir laman Covid19.go.id, 12 Maret 2021 sebanyak 5-20 persen pasien mengalami Long Covid-19 lebih dari 4 pekan. Selain itu, diperkirakan 1 dari 10 pasien Covid-19 dapat mengalaminya hingga lebih dari 12 pekan.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Medicine pada 25 Juli 2022 ini, para peneliti juga mengidentifikasi kelompok dan perilaku apa yang membuat orang berisiko lebih tinggi terkena long Covid-19.

Baca juga: Kasus Kematian akibat Covid-19 Melonjak, Ini Kata WHO

Dikatakan bahwa perempuan, orang yang berusia muda, dan mereka yang berasal dari ras kulit hitam, ras campuran, atau kelompok etnis lain lebih berisiko mengalami kondisi tersebut.

Selain itu, mereka yang berasal dari latar belakang ekonomi ke bawah, perokok, kelebihan berat badan atau obesitas, serta orang dengan berbagai kondisi kesehatan, lebih mungkin melaporkan gejala yang menetap.

Penulis studi sekaligus profesor klinis asosiasi dalam kesehatan masyarakat di University of Birmingham, Dr Shamil Haroon, mengatakan penelitiannya memvalidasi gejala long Covid sangat luas.

“Gejala yang kami identifikasi harus membantu dokter dan pembuat pedoman klinis untuk meningkatkan penilaian pasien dengan efek jangka panjang dari Covid-19, dan untuk selanjutnya mempertimbangkan bagaimana beban gejala ini dapat dikelola dengan baik," ujar Haroon dilansir dari Independent, Selasa (30/8/2022).

Para peneliti juga menemukan, gejala Covid-19 yang paling umum ialah kehilangan penciuman, sesak napas dan nyeri dada, amnesia, disfungsi ereksi, halusinasi, ketidakmampuan untuk melakukan gerakan, inkontinensia usus hingga pembengkakan anggota tubuh.

Mereka berkata, orang yang dites positif terkena virus corona pun melaporkan 62 gejala selama 12 pekan setelah infeksi awal.

Baca juga: CDC Sebut Long Covid-19 pada Anak dan Remaja Berisiko Menyebabkan Kondisi Fatal

Ilustrasi pasien Omicron sedang isomanfreepik Ilustrasi pasien Omicron sedang isoman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.