Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Penyakit Kanker Prostat yang Menyerang Pria?

Kompas.com - 02/09/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Salah satu jenis penyakit kanker yang umum menyerang pria adalah kanker prostat. Prostat adalah kelenjar yang berbentuk kenari, yang menghasilkan air mani.

Jadi, apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah penyakit yang dimulai ketika sel-sel di kelenjar prostat tumbuh di luar kendali.

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (2/9/2022), penyakit kanker prostat merupakan jenis kanker yang umum terjadi pada pria. Akan tetapi, penyakit ini sangat dapat diobati, jika dapat terdeteksi lebih awal.

Prostat merupakan organ yang terletak di antara penis dan kandung kemih.

Organ ini berfungsi menghasilkan cairan yang memelihara dan mengangkut sperma, mensekresikan prostate-specific antigen (PSA), menghasilkan protein yang membantu semen mempertahankan keadaan cairnya, serta membantu mengontrol urine.

Di Amerika, kanker prostat adalah kanker paling umum yang menyerang pria. The American Cancer Society (ACS) memperkirakan pada tahun 2021 lalu, ada sekitar 248.530 kasus kanker prostat baru dan sekitar 34/130 kematian akibat kanker ini.

Baca juga: Kanker Prostat Bisa Sembuh, Apa Saja Pengobatan yang Bisa Dilakukan?

Dalam Virtual Media Briefing ROBOTIC RADICAL PROSTATECTOMY: Operasi Kanker Prostat bisa dengan Robotik. Mengapa harus ke luar negeri? Dokter Spesialis Urologi RSU Bunda Jakarta, Prof. dr. Ponco Birowo, Sp.U(K), Ph.D., mengatakan penyakit kanker prostat karena Pembesaran Prostat Jinak (PPJ) dapat mempengaruhi banyak pria di seluruh dunia.

Pada tahun 2010, prevalensinya lebih dari 210 juta pria, dan hampir 50 persen pria di atas usia 50 dan hingga 80 persen pria di atas usia 80 mengalami gejala PPJ.

Dia mengatakan prevalensi PPJ meningkat karena peningkatan faktor risiko metabolik yang dapat dimodifikasi, seperti obesitas. Sebab, obesitas pria telah dikaitkan dengan peningkatan risiko PPJ dan peningkatan keparahan gejala pada pria yang terkena PPJ.

Oleh karenanya, diperlukan strategi untuk mengurangi risiko dan keparahan PPJ meliputi penurunan berat badan, peningkatan aktivitas fisik, dan pengurangan konsumsi kafein dan alkohol.

Apakah kanker prostat bisa disembuhkan?

Ahli mencatat bahwa sekitar 1 dari 8 pria setidaknya akan didiagnosis memiliki kanker prostat, namun hanya 1 dari 41 orang di antaranya yang akan meninggal karena penyakit kanker prostat ini.

Baca juga: Mengenal Tanda-tanda Kanker Prostat, Apa Saja?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com