Kompas.com - 19/08/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkap, bahwa Homo sapiens pernah tinggal dan bertahan hidup di Gurun Kalahari lebih dari 20.000 tahun yang lalu.

Ini tentu menjadi temuan yang menarik, pasalnya asumsi umum berpandangan Kalahari adalah lingkungan yang keras dan tak cocok untuk kelangsungan hidup manusia purba. Namun pada kenyataannya, mereka hidup di sana dan berkembang.

Ternyata berdasarkan penelitian, para ahli menyebut bahwa lingkungan Gurun Kalahari tidak seperti sekarang.

"Penelitian kami menunjukkan selama beberapa periode di masa lalu gurun itu subur dan jauh lebih basah daripada hari ini," ungkap Dr. Jayne Wilkins, arkeolog Griffith University.

Baca juga: Fosil Tengkorak Manusia Purba Berusia 3,4 Juta Tahun Ditemukan di Goa Afrika Selatan

Meski begitu, penelitian yang dilakukan sejak tahun 2015 tersebut menemukan pula, bahwa 20.000 tahun yang lalu, Kalahari juga mengalami kondisi kering.

Hal itu akhirnya dapat memberikan wawasan mengenai perubahan iklim berdampak pada evolusi manusia.

Dikutip dari Phys, Jumat (19/8/2022) dalam studinya ini peneliti melakukan eksplorasi di situs utama di Bukit Ga-Mohana di Kalahari selatan di Afrika Selatan. Situs ini memiliki makna spiritual bagi masyarakat setempat.

Peneliti lantas bekerja sama dengan tim dari University of Cape Town yang mempelajari endapan tufa, yaitu mata air, air terjun, atau kolam yang telah berubah menjadi batu.

"Air mengendap dan meninggalkan kalsium karbonat yang dapat dibor oleh tim untuk menentukan usianya. Penanggalan ini memberi tahu kita kapan wilayah tersebut lebih basah di masa lalu," jelas Wilkins.

Wilkins yang juga memimpin penyelidikan arkeologi di Bukit Ga-Mohana, menemukan beberapa bukti paling awal mengenai perilaku teknologi inovatif.

Halaman:
Sumber PHYSORG
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.