Kompas.com - 19/08/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Kura-kura adalah reptil yang sering disebut memiliki umur yang panjang, bahkan bisa mencapai ratusan tahun.

Kura-kura diketahui memiliki masa hidup yang cukup panjang, karena seekor kura-kura mampu hidup hingga 80 sampai 150 tahun, atau lebih dari itu.

Melansir Britannica, Selasa (16/8/2022), dalam beberapa kasus umur panjang yang dialami oleh kura-kura ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

Baca juga: Mengenal Kura-kura, Reptil yang Bisa Hidup Ratusan Tahun

Berikut fakta kura-kura berumur yang panjang.

1. Kura-kura berumur panjang mengalami perubahan kelamin dan spesies

Catatan tertulis mengungkapkan, bahwa individu kura-kura yang mengalami umur panjang itu telah secara misterius mengubah jenis kelamin atau spesies dari awal hingga akhir, ini mengisyaratkan penggantian secara diam-diam.

Dalam banyak kasus, jenis kelamin atau spesies yang dilaporkan dari kura-kura yang diduga berumur panjang mengalami perubahan.

Bahkan bisa jadi, pada kura-kura berumur panjang itu, bukan hanya salah satu, melainkan keduanya, baik jenis kelamin maupun spesiesnnya telah berubah secara misterius dalam proses perjalanan hidupnya di usia yang panjang itu.

Dengan kondisi terjadinya mekanisme perubahan jenis kelamin dan spesies pada kura-kura berumur panjang ini, membuat para ahli sulit untuk mendalami atau membuat laporan terkait hal tersebut.

Baca juga: Kura-kura Mampu Perlambat Proses Penuaan, Ahli Mulai Memahami Alasannya

Meski begitu, jika kura-kura bertahan hidup hingga dewasa, kemungkinan mereka akan memiliki rentang hidup dua hingga tiga dekade.

Dengan demikian, 100 atau 150 tahun bukanlah waktu maksimum untuk beberapa spesies, terutama penyu dan kura-kura raksasa yang dapat bertahan dan hidup.

Sebab, beberapa jenis atau spesies kura-kura ditemukan telah hidup dan berumur panjang melampaui batas usia 150 tahun.

Hal ini diduga juga merupakan pengaruh dari lingkungan, di mana tempat kura-kura itu tinggal merupakan lingkungan yang sangat aman bagi mereka, tanpa ancaman predator.

Sebagai contoh, seekor kura-kura bernama “Jonathan”, merupakan kura-kura raksasa yang tinggal di St. Helena adalah hewan darat tertua yang diketahui di dunia.

Jonathan ditetaskan pada awal tahun 1830-an dan kemungkinan berutang umur panjang karena telah dirawat oleh manusia sejak tahun 1880-an.

Jonathan bahkan telah memecahkan rekor dunia, sebagai kura-kura yang telah hidup sampai umur 190 tahun.

Baca juga: 7 Jenis Kura-kura yang Dilindungi di Indonesia

Halaman:
Sumber Britannica
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.