Kompas.com - 19/08/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Salamander adalah hewan amfibi yang termasuk dalam ordo Caudata. Untuk diketahui, amfibi merupakan hewan yang bisa hidup di dua alam yakni darat dan air. Mereka juga lebih aktif mencari makan di malam hari. 

Salamander paling sering ditemukan di air tawar dan hutan lembap, terutama di daerah beriklim di belahan bumi utara.

Ciri-ciri salamander ialah bertubuh pendek dan ramping, berkaki empat, memiliki kulit lembap, dengan panjang tubuh sekitar 10 hingga 15 cm.

Lantaran spesies salamander sangat banyak, ukurannya pun beragam. Misalnya saja, salamander raksasa China yakni Andrias sligoi dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya.

Sedangkan spesies Andrias davidianus dapat tumbuh hingga 1,8 meter, dan salamander raksasa Jepang atau Andrias japonicus dapat memiliki panjang hingga 1,7 meter.

Baca juga: Amfibi Terbesar di Dunia Ditemukan, Salamander Raksasa Hampir 2 Meter

Adapun salamander terkecil adalah spesies salamander pigmi yang panjangnya hanya mencapai 1,7 cm. Hewan salamander ini juga memiliki motif seperti totol-totol berwarna cerah.

Jenis makanan salamander

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, Minggu (15/5/2022) salamander adalah hewan pemakan serangga, cacing, siput, dan hewan kecil lainnya, termasuk anggota spesies mereka sendiri.

Seperti amfibi pada umumnya, hewan salamander menyerap air melalui kulit. Oleh karena itu, salamander membutuhkan habitat yang lembap.

Uniknya, ketika berada di daerah dengan suhu di bawah titik beku, salamander cenderung lebih sering berhibernasi.

Kebanyakan salamander dewasa bersembunyi di siang hari, dan akan makan di malam hari.

Halaman:
Sumber Britannica
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.