Kompas.com - 18/08/2022, 18:45 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Avigan adalah nama paten dari Favipiravir, yang juga dikenal sebagai T-705.

Avigan merupakan obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical Jepang dengan aktivitas melawan virus RNA. 

Obat ini merupakan turunan pyrazinecarboxamide. Mulanya, di Jepang, Favipiravir dikembangkan sebagai obat flu.

Dilansir dari Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada (UGM), dalam percobaan terhadap hewan, Favipiravir menunjukkan aktivitas melawan virus influenza, virus West Nile, virus demam kuning, virus penyakit kaki dan mulut (PMK), virus flavivirus, arenavirus, bunyavirus, dan alphavirus lainnya.

Selain itu, Favipiravir juga terbukti dapat melawan enterovirus dan virus demam Rift Valley.

Baca juga: Serba-serbi Avigan dan Klorokuin, Obat Covid-19 yang Didatangkan Pemerintah

Cara keja Favipiravir atau Avigan

Cara kerja Avigan atau Favipiravir adalah dengan penghambatan selektif RNA polimerase virus sehingga sintesis RNA virus terhambat. 

Penelitian menunjukkan, favipiravir menginduksi mutasi transversi RNA yang mematikan, menghasilkan fenotipe virus yang mati.

Favipiravir merupakan prodrug yang dimetabolisme Human hypoxanthine guanine phosphoribosyltransferase (HGPRT) menjadi bentuk aktifnya, yaitu favipiravir-ribofuranosyl-5′-trifosfat (favipiravir-RTP). 

favipiravir tersedia dalam bentuk oral dan intravena. Favipiravir tidak menghambat sintesis RNA atau DNA dalam sel mamalia dan tidak beracun bagi mereka. 

Baca juga: Obat Flu Avigan Buatan Fujifilm Jepang Efektif Atasi Corona, tapi...

Pada tahun 2014, favipiravir disetujui di Jepang sebagai obat cadangan untuk menghadapi pandemi influenza dan untuk mengobati jenis virus yang tidak responsif terhadap antivirus saat itu.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.