Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2022, 18:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Tepat 77 tahun sudah Indonesia merdeka, sejak dibacakannya naskah proklamasi oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno. Berikut isi dari naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Proklamasi, Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini ditulis tangan oleh Soekarno, di kediamannya yang dulu beralamatkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

Baca juga: Hari Kemerdekaan Ke-77 RI, Sejarah Teks Proklamasi yang Dibacakan Soekarno

"Atau sekarang bernama Jalan Proklamasi. Tetapi sekarang proklamasi diselenggarakan di Istana Merdeka," papar sejarawan Universitas Indonesia (UI) Bondan Kanumoyoso dikutip dari pemberitaan Kompas.com, edisi Senin 10 Agustus 2020.

Mengingat setiap tahun peringatan HUT RI diselenggarakan di Istana Merdeka, lanjut Bondan, tak mengherankan bila banyak anak muda membayangkan peristiwa penting ini dilakukan di tempat yang sama.

"Padahal Istana Merdeka yang sekarang, dulunya adalah kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Jadi agak ironi, kita merayakan kemerdekaan kita justru di jantung kolonialisme," ungkapnya.

Sementara, kediaman Soekarno yang menjadi saksi bersejarah dari peristiwa penting ini sudah tak ada lagi dan berganti menjadi sebuah gedung.

Pada akhirnya, jejak sejarah berdirinya negara ini juga turut menghilang, dan tak lagi dapat dikenali lagi oleh generasi masa kini.

Bondan menyampaikan hilangnya jejak penting sejarah bangsa ini menjadi hal yang cukup menganggu dalam peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Baca juga: Bukan di Istana Merdeka, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dilakukan di Tempat Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com