Kompas.com - 15/08/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Sekelompok ahli paleontologi telah menemukan fosil dinosaurus kecil, yang tampak seperti berlapis baja.

Mereka berkata, dinosaurus yang disebut Jakapil kaniukura ini, memiliki kulit berduri yang kuat layaknya baja.

Jenis dinosaurus tersebut, kemungkinan mewakili seluruh garis keturunan dinosaurus lapis baja yang belum pernah diketahui.

Baca juga: Kenapa Dinosaurus Punah?

Melansir Science Alert, Minggu (14/8/2022), Jakapil kaniukura terlihat seperti kerabat primitif dinosaurus lapis baja termasuk Ankylosaurus atau Stegosaurus.

Akan tetapi, ia berasal dari periode Kapur (Cretaceous), era terakhir dinosaurus yang hidup antara 97 juta sampai 94 juta tahun lalu.

"Itu berarti seluruh garis keturunan dinosaurus lapis baja tinggal di belahan Bumi selatan, tetapi sama sekali tidak terdeteksi sampai sekarang," ujar para ahli paleontologi dalam studinya.

Adapun penemuan fosil dinosaurus itu telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports, pada 11 Agustus 2022 lalu. Sebagian kerangka dinosaurus ditemukan di provinsi Roío Negro di Patagonia Utara.

Ciri-ciri dinosaurus Jakapil kaniukura

Dikatakan pula bahwa dinosaurus Jakapil kaniukura mungkin berjalan tegak dengan kaki belakangnya, dan memiliki paruh pendek yang mampu menggigit dengan kuat. Sehingga, bisa memakan beberapa kayu yang keras.

Hewan purba ini diduga memiliki berat yang kira-kira sama dengan kucing rumahan. Selain itu, mempunyai deretan duri pelindung yang membentang dari leher hingga ekornya, dan mungkin tumbuh hingga seukuran 1,5 meter panjangnya.

Jakapil kaniukura merupakan pemakan tumbuhan atau herbivora, dengan gigi berbentuk daun mirip Stegosaurus. Dinosaurus baru ini, bergabung dengan Stegosaurus, Ankylosaurus, dan dinosaurus berbaju besi lainnya dalam kelompok yang disebut Thyreophoran.

Baca juga: Apakah Dinosaurus Punya Pusar? Ini Jawabannya

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.