Kompas.com - 14/08/2022, 17:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Banyak orang yang percaya bahwa bunglon bisa mengubah warna tubuhnya menjadi semua benda atau latar di dekatnya, namun pada kenyataannya, tidak demikian.

“Orang-orang percaya bahwa jika meletakkan bunglon di papan catur, ia akan bersembunyi dengan membentuk pola atau warna yang sama, tetapi ini tentu saja tidak benar,” kata Michel Milinkovitch, ahli genetika evolusioner di Universitas Jenewa, sebagaimana dikutip dari National Geographic.

Meski demikian, keterampilan mengubah warna yang dimiliki bunglon adalah yang terbaik dan paling beragam.

Alasan paling populer dari kemampuan berubah warna yang dimiliki bunglon adalah untuk menyamarkan diri saat ada predator atau saat ingin menangkap mangsanya.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Kecepatan Lidah Bunglon yang Menakjubkan

Faktanya, bunglon memiliki alasan lain untuk mengubah warna tubuhnya, yakni untuk adu kekuatan.

Pertunjukan adu kekuatan dengan mengubah warna

Bunglon memiliki dua keadaan yang berlawanan, kata Milinkovitch. Bunglon mencoba untuk tidak terlihat, dengan pergeseran warna yang halus, atau mencoba untuk terlihat, juga dengan mengubah warna mereka, tapi jauh lebih eksplosif.

Bunglon adalah hewan yang sangat teritorial. Ketika dua pejantan bertemu satu sama lain, ada pertarungan sengit, dalam hal ini pertunjukan mengubah warna.

“Mereka menjadi gila,” kata Milinkovitch. 

"Mereka akan menjadi kuning, merah, putih, warna-warna yang mencolok di pohon."

Baca juga: Cara Bunglon Berkembang Biak

Bunglon jantan yang lebih lemah, yang seringkali lebih kecil dan berwarna lebih pucat, akan mengakui kekalahan dengan berhenti mengubah warna terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.