Kompas.com - 14/08/2022, 16:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Bunglon tak hanya memiliki kemampuan mengubah warna tubuhnya.

Reptil yang satu ini juga sangat ahli menangkap mangsa dengan lidahnya yang panjang dan cepat.

Sebuah studi mengungkapkan, lidah bunglon, terutama spesies terkecil, dapat bergerak lebih cepat.

Para peneliti menemukan, keistimewaan lidah bunglon adalah jaringan elastis khusus di lidah mereka, yang terus terlipat seperti akordeon.

Ketika bunglon bersiap untuk menyerang mangsa, otot-otot di lidah mereka berkontraksi seperti menarik tali busur. Para ilmuwan menyebut fenomena ini sebagai elastic recoil.

Baca juga: Cara Bunglon Berkembang Biak

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports, seperti melepaskan tali busur yang mendorong anak panah ke depan dengan kecepatan dan akurasi yang mematikan, bunglon melepaskan otot lidahnya, memungkinkan lidahnya meluncur ke depan dan menjerat mangsanya.

Kecepatan lidah bunglon

Christopher Anderson, penulis studi dari Brown University, mengamati lebih dekat spesies bunglon terkecil, yang tidak dipelajari dengan baik karena populasi mereka yang lebih jarang dan lebih sulit ditangkap daripada bunglon besar.

Anderson ingin tahu apakah bunglon kecil ini dapat mendorong lidah mereka secepat dan sekuat kerabat mereka yang lebih besar.

Rata-rata, panjang lidah bunglon kira-kira dua kali panjang tubuhnya. Pada manusia, itu akan menjadi lidah dengan panjang sekitar 3 hingga 4 meter.

Untuk menguji hipotesisnya, Anderson memeriksa video kecepatan tinggi bunglon saat menangkap serangga.