Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 16:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bunglon tak hanya memiliki kemampuan mengubah warna tubuhnya.

Reptil yang satu ini juga sangat ahli menangkap mangsa dengan lidahnya yang panjang dan cepat. 

Sebuah studi mengungkapkan, lidah bunglon, terutama spesies terkecil, dapat bergerak lebih cepat.

Para peneliti menemukan, keistimewaan lidah bunglon adalah jaringan elastis khusus di lidah mereka, yang terus terlipat seperti akordeon.

Ketika bunglon bersiap untuk menyerang mangsa, otot-otot di lidah mereka berkontraksi seperti menarik tali busur. Para ilmuwan menyebut fenomena ini sebagai elastic recoil.

Baca juga: Cara Bunglon Berkembang Biak

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports, seperti melepaskan tali busur yang mendorong anak panah ke depan dengan kecepatan dan akurasi yang mematikan, bunglon melepaskan otot lidahnya, memungkinkan lidahnya meluncur ke depan dan menjerat mangsanya.

Kecepatan lidah bunglon

Christopher Anderson, penulis studi dari Brown University, mengamati lebih dekat spesies bunglon terkecil, yang tidak dipelajari dengan baik karena populasi mereka yang lebih jarang dan lebih sulit ditangkap daripada bunglon besar.

Anderson ingin tahu apakah bunglon kecil ini dapat mendorong lidah mereka secepat dan sekuat kerabat mereka yang lebih besar.

Rata-rata, panjang lidah bunglon kira-kira dua kali panjang tubuhnya. Pada manusia, itu akan menjadi lidah dengan panjang sekitar 3 hingga 4 meter.

Untuk menguji hipotesisnya, Anderson memeriksa video kecepatan tinggi bunglon saat menangkap serangga. 

Baca juga: Cara Bunglon Menyesuaikan Diri dengan Mimikri

Ia menggunakan rekaman sebelumnya serta merekam video baru bunglon dari kebun binatang, peternak swasta, dan alam liar.

Anderson kemudian mengambil 3000 frame per detik yang cukup cepat untuk mengukur seberapa cepat lidah bunglon keluar dari mulutnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa bunglon yang lebih kecil tidak hanya berkinerja sebaik kerabat mereka yang lebih besar, tetapi dalam banyak kasus lidah mereka sebenarnya lebih cepat dan lebih kuat.

Misalnya, lidah Rhampholeon spinosus, bunglon dari Tangan yang terancam punah dan terkecil dalam percobaan, menghasilkan percepatan puncak 264 kali lebih besar daripada percepatan gravitasi. 

Jika disamakan dengan mobil, lidah bunglon bisa berakselerasi dari 0 hingga 97 kilometer per jam dalam 1/100 detik. 

Baca juga: Bunglon Jantan Mengubah Warnanya Lebih Cerah untuk Ajak Betina Kawin

"Ini adalah akselerasi dan output daya tertinggi dari semua amniota, yang meliputi reptil, burung, dan mamalia,” kata Anderson.

Tepat sasaran

Meskipun menembakkan lidahnya seperti peluru membutuhkan banyak energi, dibandingkan dengan biaya menggerakkan seluruh tubuhnya untuk berburu, untuk bunglon itu adalah tindakan yang tepat, Anderson menambahkan.

Berjam-jam yang dihabiskannya untuk menonton binatang menunjukkan bahwa "sekali mereka mengunci mangsanya, mereka jarang meleset."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com