Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 09:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umumnya, saat memakan buah pisang, kita akan membuang kulitnya dan hanya memakan daging buahnya. Tetapi, tahukah Anda kalau ternyata kulit pisang yang diolah menjadi tepung, bisa memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh kita?

Melansir Science Alert edisi Sabtu (13/8/2022), sebuah penelitan baru-baru ini menunjukkan jika kulit pisang yang diolah dan ditambahkan sebagai bahan dasar pangan konsumsi dapat menghasilkan manfaat yang luar biasa pada tubuh.

Para peneliti dalam risetnya mencoba mengolah kulit pisang dengan cara direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi tepung.

Baca juga: Makan Pisang Membantu Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Hasil studi mengenai manfaat tepung kulit pisang ini telah dipublikasikan di ACS Food Science & Technology.

Pada dasarnya, kulit pisang memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan. Penjelasan terkait kandungan kulit pisang bisa Anda baca dalam artikel ini.

Dalam penelitian, saat tepung pisang diolah lagi menjadi makanan panggang seperti halnya roti atau kue, ternyata rasanya sama enaknya dengan produk berbasis gandum.

Para responden yang mencoba produk jadi berbahan kulit pisang itu, mengatakan bahwa mereka suka dengan rasanya yang mirip seperti kue gula tanpa kulit.

Selain rasanya yang enak, kue berbahan dasar kulit pisang ini juga diketahui mengandung banyak mineral dan nutrisi yang baik untuk melawan kanker.

Kandungan lain yang juga banyak ditemukan dalam kulit pisang yaitu serat, magnesium, potasium, dan senyawa antioksidan.

Manfaat dari kulit pisang ini ternyata sudah pernah diteliti dalam berbagai studi sebelumnya.

Pada tahun lalu, sebuah penelitian tentang kue kulit pisang menemukan, bahwa kulit kuning buah piasan memberikan warna makanan alami pada produk yang dipanggang, serta meningkatkan nutrisi.

Baca juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman dan Kesehatan

Lalu pada studi tahun 2016, para peneliti menemukan bahwa mengganti hingga 10 persen tepung terigu dengan tepung kulit pisang dapat memperkaya roti panggang dengan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang lebih tinggi.

Namun sebagai catatan, saat membuat panganan seperti kue dari tepung berbahan kulit pisang, Anda tidak boleh memasukkannya secara berlebihan karena akan memengaruhi warna dan teksturnya menjadi lebih keras.

Kue yang dibuat dengan mengandung 7,5 persen tepung kulit pisang akan memiliki tekstur kue yang baik.

Bahkan menariknya lagi, jika membuat panganan dari bahan tepung kulit pisang diketahui bisa memperpanjang umur simpan beberapa produk, karena kulit pisang memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Baca juga: 5 Manfaat Pisang Menurut Sains

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com