Kompas.com - 14/08/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Umumnya, saat memakan buah pisang, kita akan membuang kulitnya dan hanya memakan daging buahnya. Tetapi, tahukah Anda kalau ternyata kulit pisang yang diolah menjadi tepung, bisa memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh kita?

Melansir Science Alert edisi Sabtu (13/8/2022), sebuah penelitan baru-baru ini menunjukkan jika kulit pisang yang diolah dan ditambahkan sebagai bahan dasar pangan konsumsi dapat menghasilkan manfaat yang luar biasa pada tubuh.

Para peneliti dalam risetnya mencoba mengolah kulit pisang dengan cara direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi tepung.

Baca juga: Makan Pisang Membantu Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Hasil studi mengenai manfaat tepung kulit pisang ini telah dipublikasikan di ACS Food Science & Technology.

Pada dasarnya, kulit pisang memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan. Penjelasan terkait kandungan kulit pisang bisa Anda baca dalam artikel ini.

Dalam penelitian, saat tepung pisang diolah lagi menjadi makanan panggang seperti halnya roti atau kue, ternyata rasanya sama enaknya dengan produk berbasis gandum.

Para responden yang mencoba produk jadi berbahan kulit pisang itu, mengatakan bahwa mereka suka dengan rasanya yang mirip seperti kue gula tanpa kulit.

Selain rasanya yang enak, kue berbahan dasar kulit pisang ini juga diketahui mengandung banyak mineral dan nutrisi yang baik untuk melawan kanker.

Kandungan lain yang juga banyak ditemukan dalam kulit pisang yaitu serat, magnesium, potasium, dan senyawa antioksidan.

Manfaat dari kulit pisang ini ternyata sudah pernah diteliti dalam berbagai studi sebelumnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.