Kompas.com - 12/08/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Telah diketahui bahwa olahraga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Namun, olahraga setiap hari dalam 24 jam per 7 hari tidak disarankan lantaran tubuh membutuhkan waktu istirahat atau rest day.

Lantas, mengapa beristirahat ini penting?

Dilansir dari Live Science, Rabu (10/8/2022) selain membantu mencegah cedera, memperbaiki tubuh, dan mengoptimalkan kinerja, satu atau dua hari istirahat penting demi kebugaran.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Kesehatan dan Kebugaran ACSM tahun 2015, terlalu banyak atau kekurangan istirahat dapat mengakibatkan gejala fisiologis dan psikologis yang memengaruhi produktivitas.

Baca juga: Olahraga Vs Diet, Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Artinya, memberi kesempatan untuk tubuh agar beristirahat sama pentingnya dengan melatihnya. Berikut beberapa alasan tubuh perlu istirahat dari rutinitas olahraga sehari-hari.

1. Mencegah cedera

Dijelaskan oleh Pelatih Kesehatan Bersertifikat, Pelatih Pribadi, dan Instruktur Kebugaran Grup di American Council on Exercise Araceli De Leon, beristirahat sangat diperlukan guna mencegah cedera, akibat terlalu banyak berolahraga sekaligus mencegah kelelahan.

“Beristirahat dan tidur yang cukup memungkinkan otot, ligamen, tendon, tulang, dan fungsi tubuh utama lainnya seperti sistem endokrin untuk beregenerasi dari berolahraga atau aktivitas fisik yang konsisten," ungkap De Leon.

2. Mengoptimalkan kinerja

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Exercise Science membandingkan efek 24, 36, 48, 72 dan 96 jam istirahat pada pria yang melakukan latihan ketahanan.

Para peneliti menemukan, bahwa jarak selama 48 jam antara sesi latihan dengan istirahat, memungkinkan pemulihan yang cukup untuk mengoptimalkan kinerja seseorang.

Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Rutin, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.