Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelapa Genjah, Kenali Karakteristik dan Varietasnya

Kompas.com - 12/08/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelapa genjah entok menjadi salah satu jenis tanaman buah kelapa unggulan yang dibudidayakan secara komersil.

Buah kelapa genjah memiliki kualitas yang bagus, daging buah cenderung lebih lembut, kulit buah berawarna hijau, dan kandungan air kelapa pada varietas ini lebih banyak dibandingkan jenis kelapa yang lain.

Dilansir dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, tanaman kelapa genjah entok memiliki postur tubuh mini dan pendek. Tinggi batang kelapa genjah hanya sekitar 3-4 meter.

Pertambahan tinggi tanamannya terhitung lambat hanya berkisar 40-50 cm per tahun. Tinggi batang pada masa akhir umur produktif tidak lebih dari 10 meter, dengan bentuk batang mulai dari pangkal sampai dengan ujung batang sama besar.

Bibit unggul pohon kelapa genjah yang dibudidayakan secara optimal dengan penanaman dan perawatan yang baik, kelapa ini akan bisa menghasilkan 140 butir per pohon dalam satu tahun saat mencapai usia dewasa.

Dibandingkan jenis lainnya, kelapa genjah berbuah relatif cepat, sekitar 3 tahun setelah masa tanam. Sedangkan jenis kelapa lain umumnya mulai berbuah pada usia tanam 6-8 tahun dan tinggi bisa mencapai 30 meter.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa Menurut Sains

Keunggulan kelapa genjah entok

Kelapa genjah entok mempunyai tingkat adaptasi cukup baik. Tanaman ini bisa hidup di segala bentuk tanah, asalkan mempunyai drainase dan aerasi yang sehat, serta mendapatkan paparan sinar matahari cukup.

Untuk pertumbuhan terbaiknya, tanaman kelapa genjah hidup optimal pada dataran dengan elevensi kisaran 0-450 mdl ber-pH tanah optimum 5,5-7,5 dan suhu rata-rata 27-28 derajat Celsius.

Idealnya, tanaman buah kelapa genjah entok tumbuh dengan subur di area yang memiliki curah hujan 1.200-2.500 mm per tahun, dengan penyinaran optimum 2000 jam per tahun atau kisaran 180 jam per bulan dan tingkat kelembapan 80-90 persen.

Adapun keunggulan buah kelapa genjah yakni apabila dipelihara dengan benar, umur tanaman ini bisa mencapai 50 tahun dengan masa produktif selama 25 tahun.

Varietas pohon kelapa genjah

Dituliskan dalam laman Kementerian Pertanian, terdapat beberapa varietas kelapa genjah sebagai berikut:

Baca juga: 3 Khasiat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com