Kompas.com - 12/08/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Kelapa genjah entok menjadi salah satu jenis tanaman buah kelapa unggulan yang dibudidayakan secara komersil.

Buah kelapa genjah memiliki kualitas yang bagus, daging buah cenderung lebih lembut, kulit buah berawarna hijau, dan kandungan air kelapa pada varietas ini lebih banyak dibandingkan jenis kelapa yang lain.

Dilansir dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, tanaman kelapa genjah entok memiliki postur tubuh mini dan pendek. Tinggi batang kelapa genjah hanya sekitar 3-4 meter.

Pertambahan tinggi tanamannya terhitung lambat hanya berkisar 40-50 cm per tahun. Tinggi batang pada masa akhir umur produktif tidak lebih dari 10 meter, dengan bentuk batang mulai dari pangkal sampai dengan ujung batang sama besar.

Bibit unggul pohon kelapa genjah yang dibudidayakan secara optimal dengan penanaman dan perawatan yang baik, kelapa ini akan bisa menghasilkan 140 butir per pohon dalam satu tahun saat mencapai usia dewasa.

Dibandingkan jenis lainnya, kelapa genjah berbuah relatif cepat, sekitar 3 tahun setelah masa tanam. Sedangkan jenis kelapa lain umumnya mulai berbuah pada usia tanam 6-8 tahun dan tinggi bisa mencapai 30 meter.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa Menurut Sains

Keunggulan kelapa genjah entok

Kelapa genjah entok mempunyai tingkat adaptasi cukup baik. Tanaman ini bisa hidup di segala bentuk tanah, asalkan mempunyai drainase dan aerasi yang sehat, serta mendapatkan paparan sinar matahari cukup.

Untuk pertumbuhan terbaiknya, tanaman kelapa genjah hidup optimal pada dataran dengan elevensi kisaran 0-450 mdl ber-pH tanah optimum 5,5-7,5 dan suhu rata-rata 27-28 derajat Celsius.

Idealnya, tanaman buah kelapa genjah entok tumbuh dengan subur di area yang memiliki curah hujan 1.200-2.500 mm per tahun, dengan penyinaran optimum 2000 jam per tahun atau kisaran 180 jam per bulan dan tingkat kelembapan 80-90 persen.

Adapun keunggulan buah kelapa genjah yakni apabila dipelihara dengan benar, umur tanaman ini bisa mencapai 50 tahun dengan masa produktif selama 25 tahun.

Varietas pohon kelapa genjah

Dituliskan dalam laman Kementerian Pertanian, terdapat beberapa varietas kelapa genjah sebagai berikut:

Baca juga: 3 Khasiat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.