Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Ikan Pari Ternyata Memproduksi Suara

Kompas.com - 09/08/2022, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG,CNET

KOMPAS.com - Gabungan peneliti dari Australia, Swedia, dan Spanyol berhasil menguak bahwa ternyata ikan pari mampu memproduksi suara.

Para peneliti tersebut berhasil merekamnya lalu menggambarkan suara-suara yang dihasilkan ikan pari dalam jurnal Ecology.

Ikan pari sendiri merupakan kelompok hewan yang terkenal pendiam. Termasuk di dalam kelompok ini adalah hiu dan skate.

Baca juga: Ikan Pari Raksasa Seberat 300 Kg, Ikan Terbesar di Dunia Ditemukan di Kamboja

Dikutip dari Phys, Senin (8/8/2022) bukti ikan pari yang menghasilkan suara belum pernah didokumentasikan sebelumnya. Apalagi peneliti juga mencatat, bahwa mahluk tersebut tak memiliki alat biologis yang mendukung kemampuan untuk bersuara.

"Belum ada contoh yang dikonfirmasi mengenai suara aktif yang diproduksi oleh elasmobranch di alam liar, meskipun ada upaya untuk merekam perilaku di luar penangkaran," tulis peneliti dalam makalah.

Tapi tampaknya ada beberapa pengecualian. Para peneliti dalam studi baru ini telah memperoleh rekaman video atau suara dari salah satu ikan pari mangrove yang mengeluarkan suara saat berenang di atas karang.

Setelah mendengar ikan pari membuat suara, peneliti mulai mencari bukti lain mengenai suara ikan pari, namun nihil.

Meski begitu, peneliti menemukan laporan dari orang-orang yang mengaku mendengar pari membuat suara.

Kemungkinan hanya sedikit orang pernah mendengar suara tersebut, karena peralatan selam menghasilkan gelembung yang akhirnya membuat suara lain di bawah air tak terdengar.

Lalu mengapa ikan pari mengembangkan kemampuan untuk bersuara?

Untuk sementara para peneliti berteori, kalau itu dilakukan kemungkinan untuk menakut-nakuti musuh potensial atau saat merasa terancam. Suara yang dibuat ikan pari digambarkan sebagai serangkaian suara klik yang pendek tapi keras.

"Dalam semua pengamatan yang direkam, ikan pari mulai menghasilkan suara sebagai responz terhadap musuh yang mendekat. Mereka lalu menghentikan produksi suara ketika jarak antara ikan pari dan musuh makin dekat," jelas peneliti.

Baca juga: Terkenal sebagai Hewan Berbahaya, Bagaimana Cara Ikan Pari Kawin?

Para peneliti berharap, menemukan bukti lebih banyak ikan pari dan elasmobranch lain yang mengeluarkan suara.

Untuk itu peneliti pun berencana untuk melanjutkan studi mereka mengenai produksi suara pada ikan pari.

Mereka akan mencari terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana mereka membuat suara dan kemudian cara mereka menggunakannya.

"Kita baru menyadari bahwa ikan pari yang biasa ditemui ini mengeluarkan suara, sekali lagi ini menunjukkan betapa kita masih harus belajar tentang lautan," tambah peneliti seperti dikutip dari CNET.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PHYSORG,CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com