Kompas.com - 27/07/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Ikan Zebrafish adalah mahluk yang luar biasa. Tak hanya tembus pandang, mereka diketahui juga bisa menumbuhkan organ baru.

Penelitian sebelumnya mengungkap, bahwa ikan tersebut dapat meregenerasi retina di mata mereka.

Sekarang sebuah studi baru kembali menunjukkan kemampuan lain ikan zebrafish, yaitu menghidupkan kembali jaringan jantung setelah cedera.

"Kami ingin mengetahui bagaimana ikan kecil itu melakukannya dan apa yang dapat kami pelajari darinya," ungkap Jan Phillip Junker, ahli biologi perkembangan dan penulis studi dari Berlin Institute for Medical Systems Biology, Jerman.

Baca juga: Apa Fungsi Sirip pada Ikan beserta Jenis-Jenisnya?

Studi yang kemudian diterbitkan di Nature Genetics ini, mencatat rangkaian peristiwa yang mengarah pada regenerasi jantung pada ikan zebrafish.  

Dikutip dari Science Alert, Selasa (26/7/2022) pada manusia, sel otot jantung yang disebut kardiomiosit tak dapat beregenerasi seperti yang dilakukan sel jantung ikan zebrafish.

Saat kekurangan oksigen selama serangan jantung, kardiomiosit manusia menjadi rusak dan jaringan parut permanen (disebut fibrosis) terbentuk menggantikan otot yang hilang, membuat jantung lebih lemah dari sebelumnya.

Namun, zebrafish bagaimanapun mampu menumbuhkan kembali hingga 20 persen jantung mereka yang berukuran satu milimeter dalam waktu dua bulan, setelah cedera jantung.

Apa yang ditunjukkan oleh studi baru ini adalah sel-sel jaringan ikat yang disebut fibroblas menjadi konduktur dari proses regenerasi jantung pada ikan zebrafish dan selanjutnya menghasilkan protein yang bertindak sebagai sinyal perbaikan.

Sementara itu, dalam studi baru ini peneliti menusuk jantung mungil ikan dengan jarum ultra-dingin untuk meniru serangan jantung manusia dan mengamati apa yang terjadi.

"Anehnya respons langsung terhadap cedera itu sangat mirip. Tapi sementara proses pada manusia berhenti, sedangkan proses pada ikan berlanjut. Ikan kemudian membentuk kardiomiosit baru yang mampu berkontraksi," kata Junker.

Dengan menggunakan teknik pengurutan sel tunggal, tim kemudian memindai sekitar 200.000 sel jantung yang diisolasi dari ikan zebrafish sebelum dan sesudah cedera.

Peneliti lalu mengekstraksi informasi genom dari sel individu, untuk melihat sel jantung mana yang aktif di jantung yang rusak.

Mereka lalu menemukan tiga jenis fibroblas yang sementara memasuki keadaan aktif, mengaktifkan gen yang mengkode protein pembentuk otot, seperti kolagen XII yang mendorong pertumbuhan jaringan ikat.

Baca juga: Studi: Lumba-lumba Gunakan Terumbu Karang untuk Obati Penyakit Kulit

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.