Kompas.com - 26/07/2022, 21:00 WIB
Gajah mempunyai telinga yang besar dan lebar berfungsi untuk -

KOMPAS.comGajah adalah hewan yang sangat besar dan memiliki telinga yang lebar. Ternyata ukuran ini bukan hanya sekedar untuk menyesuaikan besarnya dengan tubuh gajah, namun ada fungsi khususnya.

Kenapa telinga gajah besar?

Gajah mempunyai telinga yang besar dan lebar berfungsi untuk termoregulasi atau mengatur suhu tubuh. Pada manusia, fungsi termoregulasi diatur oleh kelenjar keringat. Sedangkan gajah hanya memiliki satu kelenjar keringat, yaitu di atas kuku kakinya. Gajah tidak bisa memiliki banyak kelenjar manusia karena ini makan membuat gajah rentan terkena dehidrasi.

Hidup di daerah tropis membuat tubuh gajah menyerap banyak panas. Oleh karena itu, gajah memerlukan sistem termoregulasi yang baik, yaitu dengan telinganya yang lebar. Telinga gajah penuh dengan pembuluh darah yang bisa terlihat dari bagian belakang telinga.

Gajah akan mengepakkan telinganya atau terkadang menyemprotkan air ke arah telinganya untuk mendinginkan darah dalam pembuluh darah tersebut. Konsep mengepakkan telinga ini mirip dengan kipas angin untuk menciptakan angin di sekitar tubuh gajah.

Darah yang sudah lebih sejuk akan kembali ke tubuh gajah dan menurunkan suhu di hari yang panas. Terkadang gajah juga menghadapkan tubuhnya ke arah angin datang dan menahan telinganya menghadap angin agar lebih sejuk. Kemampuan termoregulasi ini bisa membuat suhu tubuh gajah turun hingga 5 derajat Celsius pada hari yang panas.

Uniknya, setiap jenis gajah memiliki ukuran telinga yang berbeda. Gajah Afrika memiliki telinga yang lebih lebar daripada gajah Asia. Sesuai dengan fungsinya, gajah Afrika membutuhkan upaya lebih besar untuk mendinginkan tubuhnya karena cuaca di Afrika yang lebih panas.

Sedangkan gajah Asia hidup di udara Asia yang tidak terlalu panas. Oleh karena itu, ukuran telinga gajah Asia tidak selebar dan sebesar gajah Afrika.

Baca juga: Mungkinkah Gajah Takut Tikus? Ini Kata Ahli

Fungsi lain dari telinga gajah

Selain fungsi utamanya untuk termoregulasi, telinga gajah juga berfungsi untuk berkomunikasi. Selain mengeluarkan suara, menggerakkan telinga gajah juga bisa berarti gajah merasa antusias atau bahkan terancam.

Dengan telinga besar ini, gajah juga menangkap suara dengan sangat baik. Kemampuan ini digunakan untuk bertahan jika ada ancaman di sekitar gajah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.