Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan akibat Bibit Siklon Tropis 95S

Kompas.com - 26/07/2022, 19:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya bibit siklon tropis 95S dan berpengaruh terhadap cuaca ekstrem di Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, bibit siklon tropis 95S ini terpantau berada di Samudera Hindia barat Banten.

Bibit siklon tropis 95S itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Samudera Hindia barat Sumatera barat hingga barat daya Banten.

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Indonesia Hari Ini Dipengaruhi Sirkulasi Antisiklonik di Teluk Thailand

Selain itu, sistem ini juga menginduksi terbentuknya Low Level Jet atau angin pada lapisan permukaan dengan kecepatan lebih dari 25 knot yang memanjang dari Samudera Hindia barat Bengkulu hingga barat daya Banten.

Selain bibit siklon tropis 95S, potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir juga dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik.

Sirkulasi siklonik berada di Kalimantan Barat dan Selat Makassar yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut China Selatan, dan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di pesisir barat Sulawesi, dan Sulawesi bagian tengah.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” jelasnya.

Berikut beberapa wilayah berpeluang mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir akibat bibit siklon tropis 95S pada 26-28 Juli 2022 yakni sebagai berikut.

Selasa, 26 Juli 2022

Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, Sumatera Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 24-25 Juli 2022 untuk Wilayah Berikut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com