Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Piton dan Anaconda, Mana Ular yang Lebih Kuat?

Kompas.com - 26/07/2022, 12:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comUlar piton dan anaconda adalah dua jenis ular yang sangat besar dan terkenal akan kekuatan lilitannya. Kedua ular ini tidak berbisa dan membunuh mangsanya dengan melilitnya sampai mati lemas. Bentuk dan kekuatan keduanya sering membuat ular piton dan anaconda sulit dibedakan. Artikel ini akan membantu kamu membedakan keduanya.

Perbedaan ular piton dan anaconda

Hal pertama yang bisa membedakan keduanya adalah tempat tinggal dan persebaran. Ular piton, atau di Indonesia lebih sering dikenal dengan ular sanca, banyak ditemukan di Asia, Afrika, dan Australia. Sedangkan anaconda hanya ditemukan di Amerika Selatan.

Perbedaan mengenai fitur fisik dan karakter keduanya dijelaskan melalui tabel berikut ini:

Perbedaan Piton Anaconda
Berat 90 kilogram 113 sampai 250 kilogram
Panjang 3 sampai 8 meter 5 sampai 6 meter
Kecepatan 0,5 meter per detik 2 meter per detik
Kekuatan menghancurkan mangsa 14 PSI 90 PSI
Cara mengidentifikasi mangsa Organ Jacobson atau vomeronasal, mendeteksi suhu tubuh, dan mendengar frekuensi rendah Organ Jacobson, mendeteksi suhu tubuh, dan mendeteksi getaran atau gerakan mangsa
Cara membunuh mangsa Lilitan tubuh yang kuat Lilitan tubuh yang kuat dan gigitan yang kuat
Cara melindungi diri Berkamuflase dengan baik karena coraknya Mampu berenang di permukaan air untuk bersembunyi
Perilaku predasi Aktif di malam hari Menyerang di darat dan di air

Dari tabel tersebut terlihat bahwa salah satu yang signifikan adalah bobot tubuh dan tempat ular ini bersembunyi. Piton atau ular sanca lebih panjang namun lebih ramping, sedangkan anaconda lebih tebal dan pendek.

Piton lebih banyak ditemukan di darat dan aktif di malam hari, sementara anaconda aktif baik di darat dan di dalam air. Piton banyak ditemukan di dalam air sungai-sungai besar di Amerika Selatan.

Baca juga: 5 Fakta Ular Piton, Ular Bertubuh Besar yang Lambat

Piton vs Anaconda, siapa yang menang?

Jika kedua ular ini dipertemukan, anaconda jelas akan memenangkan pertarungan. Keduanya memang memiliki banyak kesamaan dalam menyerang. Namun, perbedaan kunci justru ada di bobot dan gigitan anaconda.

Anaconda memiliki bobot yang lebih berat daripada piton sehingga menjadi momentum bagus untuk mengontrol kekuatan yang ular piton miliki. Selain itu, ular anaconda memiliki gigitan yang kuat dan cepat untuk membuat piton tidak berdaya dan akan mati dalam lilitan anaconda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com