Kompas.com - 26/07/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penyakit cacar monyet (monkeypox) sebagai darurat kesehatan global, Sabtu (23/7/2022).

Hal ini ditetapkan oleh WHO menyusul belasan ribu kasus infeksi cacar monyet yang telah ditemukan di lebih dari 70 negara di dunia.

Menurut data dari WHO, kasus cacar monyet ini semakin bertambah sejak 1 Januari 2022 dan jumlah kasusnya terus meningkat sampai hari ini.

Dilansir dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serita, penyakit cacar monyet ini sebenarnya tidak banyak ditemukan di beberapa negara, termasuk Amerika.

Baca juga: WHO Resmi Umumkan Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global, Ketahui Gejalanya

Kasus pertama yang ditemukan di Amerika pada tanggal 7 Mei 2022 yang dibawa oleh seseorang setelah bepergian dari Nigeria, mengubah kondisi transmisi dan epidemiologi wabah ini.

Saat ini dilaporkan bahwa kasus cacar monyet ini semakin berkembang dan ada lebih dari 3.413 laboratorium di 70 negara di dunia yang melaporkan kemunculan penyakit ini.

Melihat kondisi darurat kesehatan global cacar monyet saat ini, apakah mungkin kasus infeksi monkeypox sudah ada di Indonesia?

Cacar monyet atau monkeypox adalah salah satu penyakit langka yang disebabkan oleh virus.

Cacar monyet disebabkan oleh virus dari genus orthopoxvirus yang juga merupakan virus yang menyebabkan cacar (smallpox).

Kasus cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1970 di Republik Demokrasi Kongo. Kasus cacar monyet sekarang ini semakin bertambah luas di beberapa negara di dunia.

Epidemiolog dari Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, sebenarnya mungkin saja kasus dugaan infeksi cacar monyet atau monkeypox ini sudah ada di Indonesia.

“Ya sangat mungkin, karena begini sebetulnya sebagian besar penderita ini sangat mungkin ditemukan, sudah ada maksudnya, sudah ada kasusnya,” kata Dicky kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Hal ini diyakini oleh Dicky, karena sebagian besar kasus infeksi cacar monyet sendiri banyak yang terkonfirmasi dengan gejala yang ringan.

“Bahkan, sebagian besar sembuh sendiri,” ujarnya.

Baca juga: WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global, Ini Rekomendasi untuk Setiap Negara

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.