Kompas.com - 25/07/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Operasi bariatrik atau bariatric menjadi salah satu topik yang menyedot perhatian warganet baru-baru ini. Hal ini karena penyanyi sekaligus pencipta lagu Melly Goeslaw menyebut bahwa dirinya sudah menjalani prosedur pembedahan tersebut.

Dia mengungkapkan, operasi bariatrik yang dilakukannya untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat itu berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah berkat ridho dan izin Allah SWT, dan pastinya doa dari semua teman2, operasi Bariatric aku berjalan lancar," kata Melly Goeslaw dalam unggahan di akun Instagram miliknya @melly_goeslaw, Senin (18/7/2022).

Dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Digestif Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah, Dr dr Peter Ian Limas, Sp.B.SubBDig menuturkan, pasien yang menjalani operasi bariatrik, akan menurunkan berat badan sekitar 6 bulan hingga satu tahun usai tindakan.

Baca juga: Melly Goeslaw Jalani Operasi Bariatrik untuk Menurunkan Berat Badan, Operasi Apa Itu?

Namun, pasien yang menjalani operasi bariatrik perlu berkomitmen untuk menjalani gaya hidup yang baru dan lebih sehat. Jika tidak, pasien bisa kembali mengalami kegemukan atau obesitas seperti sebelumnya.

"Bisa saja (kembali gemuk) apabila pasien tidak dapat berkomitmen dan disiplin menjalankan gaya hidup sehat, atau kembali ke kebiasaan lama yakni makan berlebihan, kurang berolahraga, dan lain sebagainya," terang Peter kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Dijelaskannya, bedah bariatrik merupakan alat untuk mengubah kebiasaan hidup dengan pola makan yang lebih sehat.

Artinya, bila pasien bisa mengadaptasi pola makan maupun pola aktivitas yang baru maka berat badan akan bisa bertahan seumur hidup.

Dengan demikian, tubuh dipaksa untuk me-reset ulang nilai-nilainya. Jika ini tercapai, maka pengulangan obesitas tidak akan terjadi.

"Tapi ada juga pasien yang kelihatan sih udah malas, dia pokoknya pengennya operasi terus udah selesai 'saya pengen kurus, duduk-duduk, makan kentang goreng dan kurus' itu enggak bisa. Nanti biasanya dia turun berat badannya, tapi nanti setelah beberapa tahun akan naik lagi," imbuhnya.

Cara agar berat badan tidak naik lagi setelah operasi bariatrik

Dokter Peter menekankan, setiap pasien yang akan menjalaninya harus sadar, operasi bariatrik adalah suatu alat bantu.

Sehingga, harus membentuk komitmen berbentuk kerja sama antara pasien dengan tim bedah bariatrik untuk bersama-sama mendapatkan berat badan ideal, dan metabolisme tubuh yang baik.

Metabolisme tubuh yang baik berarti tubuh dapat memproses gula dengan baik, mempertahankan tekanan darah yang normal, menjaga tingkat lemak tubuh dalam batas yang normal.

Semua aspek metabolisme tubuh biasanya akan mengalami perbaikan setelah pembedahan bariatrik.

"Bedah bariatrik bukanlah suatu peluru emas, tiket jalan-jalan, karcis bioskop di mana pasien tinggal bayar sejumlah uang, duduk santai dan akan mendapatkan hasil kurus, langsing, diabetes lenyap," tutur Peter.

Baca juga: Siapa Saja yang Boleh Menjalani Operasi Bariatrik seperti Melly Goeslaw? Dokter Jelaskan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.