Melly Goeslaw Jalani Operasi Bariatrik, Ini Risiko dan Efek Samping yang Bisa Terjadi

Kompas.com - 25/07/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Belakangan sosok penyanyi Melly Goeslaw, kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, Melly mengumumkan bahwa dirinya telah melakukan operasi bariatrik untuk mencapai tubuh yang ideal dan sehat.

"Alhamdulillah berkat ridho dan izin Allah SWT, dan pastinya doa dari semua teman2, operasi Bariatric aku berjalan lancar," kata Melly Goeslaw dalam unggahannya di akun Instagram @melly_goeslaw, Senin (18/7/2022).

"Aku mengambil langkah Bariatric ini karena memang setelah program diet dan turun 25 kg lebih, aku tetep obes 35 kg, dan mentok nggak bisa turun-turun lagi, sementara rupanya gula darahku juga jd tinggi, saat gula darah tinggi nafsu makan jadi makan gede kan, jadi gak kelar-kelar," tambahnya.

Operasi bariatrik adalah prosedur bedah digestif untuk memodifikasi saluran cerna pasien yang kelebihan berat badan atau obesitas, agar dapat menurunkan berat badan.

Baca juga: Melly Goeslaw Jalani Operasi Bariatrik untuk Menurunkan Berat Badan, Operasi Apa Itu?

Prosedur itu merupakan penanganan untuk menurunkan berat badan bagi orang yang obesitas, dengan body mass index atau indeks massa tubuh di atas 35 kg/m2.

Lalu orang dengan BMI sedang tapi memiliki komorbid seperti diabetes, hipertensi, dan hiperkolesterolemia.

Selain menurunkan berat badan, bedah bariatrik juga dapat menurunkan kadar diabetes, kolesterol, serta menurunkan tekanan darah.

"Bedah bariatrik bukanlah tindakan yang bertujuan untuk estetika atau penampilan atau bedah kosmetik, walaupun estetika atau penampilan kemungkinan besar menjadi suatu hasil yang didapatkan pasien di kemudian hari," ujar Dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Digestif Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah, Dr dr Peter Ian Limas, Sp.B.SubBDig, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Dia menambahkan, operasi bariatrik seperti yang telah dijalani Melly Goeslaw relatif aman.

Risikonya, kata dia, secara umum tidak lebih besar dari operasi pengangkatan kandung empedu, yang terkadang di ruang kamar operasi sehari dapat terjadwal hingga 4 sampai 5 operasi dalam sehari.

Meski demikian, tetap ada risiko dari setiap tindakan pembedahan. Risiko operasi bariatrik menurut dr Peter dapat berupa:

  • Kebocoran (leak)
  • Perdarahan
  • Trombosis vena dalam, menyebabkan emboli paru
  • Kematian

"Harus disadari bahwa operasi paling ringan pun misalnya angkat kutil di jari, dapat mengakibatkan kematian. Misalnya jika pasien ternyata alergi obat anestesi lokal, tetapi tentunya risiko ini sangat minim," jelasnya.

Baca juga: Siapa Saja yang Boleh Menjalani Operasi Bariatrik seperti Melly Goeslaw? Dokter Jelaskan

Demikian pula tindakan bedah bariatrik dapat mengakibatkan komplikasi berat hingga kematian, akan tetapi insidensinya rendah.

"Efek sampingnya apa? Memang ada, tapi tergantung pada teknik-tekniknya itu sendiri. Misalnya kalau sleeve gastrektomi, salah satunya efek sampingnya kadang-kadang jadi GERD (gastroesophageal reflux disease)," ungkap Peter.

Kendati demikian, dia menggarisbawahi jika diawasi dengan baik oleh dokter maka risiko-risiko tersebut bisa dihindari maupun diatasi.

"Tapi dengan pengawasan yang baik, follow-up yang baik, semuanya bisa teratasi dengan baik juga," imbuhnya.

Sebagai informasi, sleeve gastrectomy adalah salah satu teknik operasi di mana lambung ‘dilangsingkan,’ menjadi berbentuk lengan panjang baju (sleeve). Dengan cara ini, terjadi pembatasan jumlah makanan yang dapat dikonsumsi.

Baca juga: Pascaoperasi Bariatrik, Perubahan Apa yang Mungkin Dialami Titi Wati?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.