Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolam Air Asin Langka Ditemukan, Tersembunyi Jauh di Laut Merah

Kompas.com - 22/07/2022, 11:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah kolam air asin laut dalam yang langka ditemukan di Laut Merah.

Temuan kolam ini memberikan berbagai wawasan baru bagi ilmu pengetahuan, termasuk soal petunjuk yang dapat menjelaskan asal-usul kehidupan di Bumi.

Kolam air asin laut dalam sendiri merupakan danau yang sangat asin atau hipersalin yang terbentuk di dasar laut.

Baca juga: Mengapa Manusia Tak Bisa Minum Air Asin?

Para ilmuwan mengetahui hanya beberapa lusin kolam air asin laut dalam di seluruh dunia. Di antara itu Laut Merah memiliki jumlah kolam air asin laut dalam yang paling banyak.

Dan sampai saat ini semua kolam air asin laut dalam yang diketahui di Laut Merah terletak setidaknya 25 km dari lepas pantai.

Tetapi berbeda dengan temuan terbaru ini karena merupakan kolam pertama yang ditemukan di Teluk Aqaba tersebut berjarak hanya 2 kilometer dari pantai.

Dikutip dari Live Science, Kamis (21/7/2022) peneliti menemukan kolam tersebut selama ekspedisi tahun 2020 dengan menggunakan kapal penelitian organisasi eksplorasi laut OceanX bernama OceanXplorer.

Ekspedisi tersebut menyelidiki garis pantai Laut Merah Arab Saudi yang merupakan daerah yang sejauh ini kurang mendapat perhatian.

Dengan menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) peneliti kemudian menemukan kolam di kedalaman 1,77 km di bawah permukaan Laut Merah.

Kolam yang dinamai NEOM itu berukuran sekitar 10.000 meter persegi sementara 3 yang lebih kecil lain berukuran kurang dari 10 meter persegi.

"Pada kedalaman yang sangat dalam ini biasanya tak banyak kehidupan di dasar laut. Namun, kolam air asin adalah oasis kehidupan yang kaya mikroba yang mendukung beragam hewan," ungkap Sam Purkis, penulis studi dan profesor serta ketua Departemen Kelautan Geosciences di University of Miami.

Baca juga: Daftar Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Memiliki Air Asin Seperti Laut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com