Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan yang Bantu Turunkan Berat Badan Saat Tidur, Apa Saja?

Kompas.com - 19/07/2022, 20:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, tidur memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh. Sebab, tidur malam yang tidak berkualitas dapat mengganggu kondisi tubuh, bahkan memicu kegemukan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, tidur kurang dari delapan jam semalam dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol, yang pada akhirnya memperlambat metabolisme.

Kurang tidur juga bisa menurunkan energi yang dibutuhkan tubuh Anda hingga 20 persen. Tak hanya sampai di situ, tidur tidak berkualitas bisa mengganggu hormon rasa lapar sehingga membuat Anda cenderung lebih banyak makan.

Baca juga: Tidur Bersama Pasangan Disebut Lebih Menyehatkan, Studi Ini Jelaskan

Sebuah tinjauan di Inggris pada 2017, dan meta-analisis menemukan bahwa orang yang tidur 5,5 jam atau kurang, makan 385 kalori lebih banyak sepanjang hari dibandingkan dengan yang tidur tujuh hingga 12 jam per malam.

"Makan karbohidrat di malam hari menyebabkan masalah metabolisme, karena tubuh lebih tahan terhadap insulin di malam hari," ungkap Aaron Cypess, MD, PhD, penyelidik klinis di National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases di NIH.

Hal tersebut dapat mengakibatkan peningkatan gula darah, yang berkontribusi pada penambahan berat badan maupun komplikasi penyakit lainnya.

Kabar baiknya, Anda dapat menurunkan berat badan dengan syarat utama, yakni memperbaiki jadwal tidur.

Setelah jadwal tidur sudah optimal, Anda perlu menerapkan sejumlah kebiasaan yang membantu membakar lemak untuk menurunkan berat badan selama tidur.

Berikut cara menurunkan berat badan saat tidur, seperti dilansir dari Men's Health, Rabu (27/10/2021):

1. Latihan angkat beban

Setelah bekerja seharian, sempatkan diri untuk latihan mengangkat beban. Menurut Studi yang dipublikasikan di Diabetologia pada 19 Mei 2021, latihan beban bisa membantu mendorong metabolisme. Sehingga, tubuh membakar kalori lebih banyak saat malam hari dan selanjutnya membantu menurunkan berat badan.

2. Minum teh hijau

Flavonoid yang ditemukan dalam teh hijau membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Minum tiga cangkir teh hijau per hai dipercaya akan membakar 3,5 persen lebih kalori dalam semalam.

Temuan itu diungkapkan dalam sebuah studi tahun 2016 di American Journal of Clinical Nutrition. Meski mengandung kafein, teh hijau disebut tidak menyebabkan Anda terjaga sepanjang malam.

Baca juga: Berjalan Kaki Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com